BEI Sumut: Layanan Data Perdagangan Pasar Modal Bisa Diakses Publik

7 Februari 2023 08:45 WIB
BEI Sumut: Layanan Data Perdagangan Pasar Modal Bisa Diakses Publik
BEI Sumut: Layanan Data Perdagangan Pasar Modal Bisa Diakses Publik ( Kompas.com)

Medan, Sonora.ID - Bagi para investor aktif di pasar modal, memantau data perdagangan saham setiap waktu menjadi aktivitas rutin. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Perwakilan BEI Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Pintor Nasution

Karena data-data tersebut dibutuhkan untuk para investor mengambil keputusan investasi. Namun, data-data aktivitas perdagangan di pasar modal juga dibutuhkan untuk lembaga-lembaga atau pihak-pihak yang membutuhkan analisis atau riset yang terkait dengan perkembangan pasar modal di Indonesia.

“Bursa Efek Indonesia (BEI) secara kontinu mengembangkan produk yang dapat berkontribusi terhadap kemajuan Pasar Modal salahsatunya dengan menyediakan Produk Layanan Data. Layanan Data merupakan upaya Bursa untuk memberikan kemudahan bagi stakeholder pasar modal dalam mengakses informasi pasar modal yang menjadi salah satu valuable resources bagi perusahaan di era digital saat ini,”terang Pintor dalam siaran persnya yang diterima awak media ini, Sabtu (04/03/2023).

Adapun, Data yang didapatkan langsung dari BEI, maka dapat dipastikan informasi tersebut dipercaya (trusted), comprehensive dan exclusive.Industri pasar modal saat ini menjadi salahsatu industri yang sangat didukung oleh data.

“Ada empat manfaat layanan data BEI. Pertama, digunakan sebagai sumber jasa informasi. Kedua, membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang pasar modal dan keuangan dalam meningkatkan layanannya dengan menggunakan data yang aktual dan andal. Ketiga, data dapat menjadi sumber analisis bisnis. Keempat, semakin lengkap data penyedia jasa informasi untuk mengolah data, semakin berkembang juga layanan yang diberikan untuk publik, “paparnya.

Sementara itu, Dalam memenuhi kebutuhan data pasar modal, Layanan Data BEI menyediakan pelbagai jenis produk mencakup IDX Market Data, IDX Index License, IDX Data Publication dan IDX Advertisement. Produk IDX Market Data meliputi data perdagangan saham, obligasi dan derivatif yang bersifat real time, delay dan end of day.

Baca Juga: Melihat Pentingnya Pemahaman Ekonomi Pascapandemi, Fojekha Gelar Talkshow Perekonomian

Selain itu, tersedia juga IDX Data Reference yaitu data pencatatan seperti Laporan Keuangan, Aksi Korporasi dan Keterbukaan Informasi lainnya. Masih dikatakannya, BEI juga menyiapkan data indeks yang dikeluarkan oleh BEI untuk membuat produk investasi seperti ETF, Reksa Dana, maupun data lainnya yang ada sebagai benchmark.

Disamping itu, BEI juga menawarkan lisensi untuk perusahaan yang ingin menjadi Network Service Provider (NSP) untuk menyediakan konektivitas sistem BEI dengan sistem penerima layanan data BEI.

Sementara itu, IDX Data Publication berisi informasi terkait perdagangan saham, obligasi dan instrumen lainnya yang disajikan dalam bentuk statistik digital di website BEI. Sedangkan produk IDX Advertisement dihadirkan agar perusahaan dapat memasarkan produk atau layanan perusahaan pada ruang iklan di Publikasi Statitistik BEI yang diterbitkan secara harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.Publikasi Statistik memuat data perdagangan, rasio keuangan, kinerja indeks saham, informasi mengenai Perusahaan Tercatat, serta data pencatatan saham, obligasi/sukuk, dan efek tercatat lain (HMETD, waran, waran terstruktur, ETF, DIRE, DINFRA, Derivatif).

“Secara berkala BEI selalu melakukan revitalisasi tampilan data statistik agar lebih menarik dan lebih mudah dipahami oleh para pengguna. Salahsatunya yaitu Publikasi IDX Company Fact Sheet yang berisi laporan komprehensif atas perusahaan tercatat pada indeks LQ45 yang diterbitkan setahun dua kali pada bulan Maret dan September dalam format PDF di website BEI.Informasi yang terdapat pada IDX Company Fact Sheet meliputi profil perusahaan, sejarah perusahaan, ikhtisar saham, informasi transaksi berdasarkan tipe investor, informasi fundamental dan ESG, perbandingan industri sejenis, klasifikasi industri, keanggotan di indeks saham, informasi pembagian dividen, aksi korporasi, rangkuman kinerja dan transaksi saham, serta data laporan keuangan dan rasio,ungkapnya.

Dengan hal tersebut, diharapkan jasa dan layanan yang telah BEI berikan dapat mempercepat dan mempermudah penyaluran data Pasar Modal untuk berbagai kebutuhan publik, sehingga dapat menjadikan Layanan Data BEI sebagai pusat informasi kredibel yang dapat mengakselerasi perkembangan industri Pasar Modal Indonesia di kemudian hari. 

Baca Juga: BEI Berikan Literasi Pasar Modal kepada Desa Adat dan 1.000 Pacalang di Bali

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm