Datang ke Balai Kota Solo, KGPH Purboyo Serahkan Masterplan dan Undangan Kirab Jumenengan

9 Februari 2023 14:15 WIB
Datang ke Balai Kota Solo, KGPH Purboyo Serahkan Masterplan dan Undangan Kirab Jumenengan
Datang ke Balai Kota Solo, KGPH Purboyo Serahkan Masterplan dan Undangan Kirab Jumenengan ( Kompas.com)

Solo, Sonora.ID - Putra Paku Buwono (PB) XIII, KGPH Purboyo bertemu dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan Wali Kota Solo di Balai Kota Solo, Rabu (8/2/2023).

KGPH Purboyo tiba di Balai Kota Solo menggunakan mobil putih dan langsung berjalan menuju ke ruang Wali Kota Solo sekitar pukul 09.51 WIB. Ia tampak membawa berkas proposal.

Kedatangan KGPH Purboyo rupanya tidak hanya untuk menyerahkan revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Akan tetapi, rupanya KGPH Purboyo juga menyerahkan surat undangan Uoacara Jumenengan Tingalan Dalem Keraton Surakarta Hadiningrat untuk Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Pertemuan ini pun berlangsung selama lebih kurang 1 jam.

Dua hal tersebut diserahkan langsung oleh KGPH Purboyo kepada Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo di Ruang Wali Kota Solo, Kota Solo.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming menyampaikan surat yang diserahkan oleh KGPH Purboyo berkaitan dengan kehadirannya dalam kirab Upacara Jumenengan Tingalan Dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan tentunya terkait dengan masterplan revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta.

Disampaikan oleh Gibran, proses revitalisasi dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pun tetap melalui tahapan pengkajian. Sebab, kawasan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat masuk dalam kategori benda cagar budaya (BCB).

Baca Juga: Kunjungi Balai Kota Banjarmasin, Teten Masduki Beri Pesan Ini

Rencananya, pada acara kirab Upacara Jumenengan Tingalan Dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat nantinya akan dihadiri dan diikuti langsung oleh Paku Buwono XII, Gusti Raden Mas Suryo Partono.

“Tadi sudah ada perintah khusus dari Sinuhun untuk mendampingi kirab tanggal 16 Februari 2023,” ungkap Gibran.

“Perintah langsung dari Sinuhun, Sinuhun ikut kirab, aku ya ikut kirab,” imbuh Wali Kota Solo.

Wali Kota Solo, Gibran membocorkan upacara Jumenengan Tingalan Dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat juga mengundang para kerabat dalem. Para kerabat dalem yang diundang ini juga termasuk dari Lembaga Dewan Adat (LDA).

“Saya tidak tahu ini pertanda baik atau bagaimana, yang saya dengar, semua keluarga diundang. Gusti Moeng juga diundang, bener-bener sohib,” ucap Gibran.

Baca Juga: Rencana Revitalisasi Keraton Solo, Gibran Temui PB XIII KGPH Purboyo

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm