Alasan Kenapa Bau Wangi Bisa Tingkatkan Rasa Percaya Diri!

10 Februari 2023 19:30 WIB
ilustrasi Bau Wangi
ilustrasi Bau Wangi ( Freepik.com)

Sonora.ID - Banyak cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan rasa percaya diri, seperti dengan menggunakan parfum atau produk wangi-wangian.

Menurut salah seorang psikolog keluarga dan pengembangan diri, Dessy Ilsanty, indra penciuman kita tidak hanya berfungsi dalam pendenteksian bau atau aroma, namun juga mampu menstimulus aroma kepada otak.

"Kita dianugerahi dengan panca indera yang dimanfaatkan fisik kita untuk merasakan sesuatu. Nah, melalui channel tersebut, itu bisa memunculkan perasaan tertentu," terangnya kepada Kompas.com di kawasan Senayan, Selasa (24/1/2023) lalu.

Dessy Ilsanty mengatakan umumnya apa yang dirasakan oleh fisik, seperti aroma wangi, akan memunculkan perasaan dan pikiran yang lebih positif.

Jadi, ketika kamu merasakan aroma ini secara tidak langsung, serta memiliki aroma yang wangi atau enak seperti itu, maka akan dapat memunculkan pemikiran yang positif sehingga mampu membantu kita dalam mengembangkan penilaian dan pemikiran yang juga positif kepada lingkungan di luar diri kita maupun di dalamnya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Parfum Thailand yang Paling Wangi untuk Wanita!

Selain itu, Dessy Ilsanty, juga menambahkan jika kita pergi ke suatu acara dan bau tubuh mulai tidak enak, maka kita pasti akan menyemprotkan parfum agar kita bisa kembali percaya diri, serta merasa lebih nyaman, karena semua rangsangan fisik ini membantu kita memunculkan perasaan yang positif terhadap diri kita sendiri.

Preferensi aroma ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang yang berbeda-beda, tergantung dari sistem hormon yang mempengaruhi, serta dampaknya juga tidak terjadi secara cepat karena juga berkaitan dengan asosiasi memori.

Dessy mengatakan jika kita mencium aroma yang segar akan memberi pemikiran yang berenergi. Serta, membuat kita juga ingin melakukan sesuatu lebih produktif, seperti halnya dengan pengkaitkan pada pagi hari, di mana orang-orang biasanya berkegiatan terus dengan udara yang sejuk dan enak.

Dessy mengungkapkan, seperti halnya dengan beberapa aroma yang bisa membuat kita lebih percaya diri, yang juga berkaitan dengan memori sebelumnya terhadap aroma tersebut sehingga ketika kita mulai berusaha memunculkan bau tertentu, maka biasanya otak kita secara cepat akan mengasosiasikan bau itu dengan hal-hal yang memiliki memori baik.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Parfum Thailand yang Paling Wangi untuk Wanita!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm