Kepala Perpusnas: Peningkatan Literasi Jadi Tugas Bersama, Dibutuhkan di Berbagai Lini Kehidupan

13 Februari 2023 16:56 WIB
Kepala Perpustakaan Nasional Drs Muhamad Syarif Bando, MM
Kepala Perpustakaan Nasional Drs Muhamad Syarif Bando, MM ( Dok Perpusnas)

Banten, Sonora.Id - Upaya mencerdaskan anak bangsa merupakan tugas bersama seluruh elemen negara. Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando, menyatakan Pembukaan UUD 1945 mengamanatkan salah satu tujuan negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Semua unsur baik eksekutif, legislatif, yudikatif, dan TNI/Polri, mempunyai tugas sama untuk mewujudkan hal tersebut.

"Untuk itu, Perpustakaan Nasional terus membangun kolaborasi, kerja sama dengan seluruh pemerintah daerah, TNI/Polri, dan semua lembaga masyarakat," ungkap Kepala Perpusnas dalam kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Kota Tangerang, di Atrium Mall Tangcity, Kota Tangerang, Banten, pada Senin (13/2/2022).

Kepala Perpusnas menjelaskan, perpustakaan merupakan wahana belajar sepanjang hayat dan meningkatkan literasi masyarakat. Menurutnya, literasi diperlukan di berbagai lini kehidupan, seperti pada bidang pendidikan, perdagangan, hingga koperasi.

Dijelaskan, literasi memiliki makna kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subjek ilmu pengetahuan tertentu yang dapat diimplementasikan dengan inovasi dan kreativitas untuk memproduksi barang dan jasa.

"Jadi tidak ada satu kepala di dunia ini yang tidak boleh tidak memiliki literasi," lanjutnya.

Upaya ini sejalan dengan Festival Literasi bertajuk Jalabya (Jadikan Literasi Budaya Kita) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, pada 13-19 Februari 2022 di Atrium Mall Tangcity, Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, menyampaikan pihaknya mendorong partisipasi masyarakat untuk gemar membaca. Karena dengan membaca, masyarakat semakin berpengetahuan untuk mewujudkan bangsa yang cerdas.

"Maka melalui kegiatan festival literasi ini, saya berharap Kota Tangerang senantiasa menjadi kota yang cerdas dan kota yang mampu bersaing di tengah disrupsi yang begitu cepat. Jadi untuk itu kita perlu mendorong partisipasi masyarakat untuk semakin gemar membaca," kata Wali Kota.

Wali Kota mengaku, untuk menjadikan Kota Tangerang sebagai kota yang memiliki peradaban, maka perlu meningkatkan kualitas pengetahuan, Pendidikan, dan kecintaan masyarakat terhadap membaca.

"Saya harapkan seluruh perangkat daerah yang ada di Kota Tangerang termasuk kecamatan, kelurahan mendorong masyarakat untuk terus mengeksplorasi pengetahuan yang ada di luar sana dengan membaca," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Arief mengukuhkan Aini Suci Wismansyah sebagai Bunda Literasi Kota Tangerang disaksikan Kepala Perpusnas.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm