Kardinal Ayuso Kagumi Persaudaraan Sejati Masyarakat di Ganjuran

15 Februari 2023 11:15 WIB
Kardinal Miguel Ayuso (tengah) saat di Candi Ganjuran, Bantul, DIY.
Kardinal Miguel Ayuso (tengah) saat di Candi Ganjuran, Bantul, DIY. ( PWKI)

Sonora.ID - Presiden Dikasteri untuk Dialog Antaragama Tahta Suci Vatikan, Kardinal Miguel Angel Ayuso Guixot MCCJ mengagumi terjalinnya persaudaraan sejati di Ganjuran, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ia kagum dengan kehidupan umat Katolik di Paroki Ganjuran dengan masyarakat sekitarnya yang berlainan keyakinan dapat berjalan harmonis.

“Saya terkesan akan perjalanan sejarah paroki ini. Untuk saya sebagai seorang yang bekerja di bidang dialog lintas agama, memajukan kerukunan dan perdamaian lintas agama, ini merupakan sesuatu yang sangat menginspirasi.

Kesuksesan-kesuksesan inkulturasi yang dihidupkan di sini berbasis atas kehidupan berdampingn yang penuh kedamaian dan ketenteraman,” tutur Kardinal Ayuso saat berkunjung ke Paroki Ganjuran, Bantul, DIY, Selasa (14/2/2023).

Perasaan kagum tersebut diutarakan Kardinal Ayuso -- dalam sambutan berbahasa Inggris yang langsung diterjemahkan oleh Pater Markus Solo Kewuta SVD-- usai menyaksikan tayangan video perjalanan sejarah Gereja Paroki Ganjuran.

Baca Juga: Ketua Umum PBNU Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Dari lubuk hati yang paling dalam, Kardinal Ayuso menyatakan sangat berterima kasih bisa datang ke Indonesia bukan semata untuk menerima penghargaan gelar Doktor Kehormatan atau Doctor Honoris Causa (DR HC) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta namun juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat lain yang menginspirasi termasuk ke Paroki Ganjuran.

Diketahui, Kardinal Ayuso bersama Ketua Umum Nahdlatul Ulama (NU) KH Yahya Cholil Staquf, dan Ketua PP Muhammadiyah 2005-2010 Sudibyo Markus mendapat penghargaan DR HC dari UIN Sunan Kalijaga, Senin (13/2/2023).

“Terima kasih untuk penyambutan yang sangat hangat dan sangat indah hari ini. Banyak terima kasih untuk penyambutan melalui berbgai bentuk yang diselenggarakan hari ini,” ujar Kardinal Ayuso, seraya menambahkan bahwa dirinya akan terus dan selalu mendoakan Uskup Agung Semarang Robertus Rubiyatmoko, para uskup, para romo, dan semua yang telah bekerja serta umat paroki dan umat diosis seluruhnya.

Kardinal menambahkan bahwa ia juga akan berdoa bukan saja untuk mereka yang hadir dalam acara tersebut namun juga untuk yang tidak hadir.

Sebagai seorang Kardinal yang bekerja sangat dekat dengan Paus Fransiskus, Ayuso menyatakan bahwa dirinya membawa doa dan berkat dari Paus untuk Uskup, para imam, para suster, para pekerja, dan umat seluruhnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm