Atasi Masa Paceklik, DPRD Sragen Beri Bantuan Beras Murah

17 Februari 2023 18:15 WIB
DPRD SRAGEN BERI BANTUAN BERAS MURAH
DPRD SRAGEN BERI BANTUAN BERAS MURAH ( TribunSolo)

Sragen, Sonora.ID - Anggota DPRD Kabupaten Sragen tengah menggelar operasi pasar dengan menjual beras murah di Desa Jenggrik, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen pada hari Rabu (15/2/2023).

Warga Desa Jenggrik menyambut baik dengan sangat antusias adanya operasi pasar tersebut karena hal ini merupakan pertama kalinya bagi warga desa bisa membeli beras dengan harga yang lebih murah.

Satu persatu warga Desa Jenggrik mendatangi balai desa dengan wajah penuh kebahagiaan. Wajah sumringah tampak terlihat dari para warga, bagaimana tidak bahagia, karena mereka akhirnya bisa merasakan membeli beras medium hanya dengan harga Rp 8.500 per kilogram.

Sedangkan harga yang dijual di pasaran untuk sekelas beras medium berkisar antara Rp 11.500 per kilogram.

Operasi pasar diadakan atas kerjasama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sragen terutama fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan perum Bulog, yang menyediakan total 5 ton beras.

Baca Juga: Drainase Tak Layak, Pasar Sukowati Terendam Banjir

Tim wartawan mewawancarai salah seorang warga desa setempat. Dia mengaku sangat bahagia karena bisa membeli beras dengan harga yang lebih murah dan kualitas beras yang lebih bagus.

Di lain waktu tim wartawan juga mendatangi Darmin yang merupakan Kepala Desa Jenggrik. Darmin mengatakan bahwa warganya sangat antusias menyambut program tersebut karena beras yang disediakan memiliki kualitas yang bagus. Darmin menjelaskan, masyarakat sangat antusias karena kualitas berasnya berbeda dengan bantuan sebelumnya, saat dibuka butir berasnya benar-benar masih utuh.

Salah satu anggota DPRD Kabupaten Sragen, Sugiyarto mengatakan operasi pasar sengaja digelar oleh pihaknya karena saat ini warga sedang mengalami masa paceklik. Masa paceklik ini datang disaat menjelang panen raya, dimana stok beras warga mulai menipis.

musim paceklik adalah kondisi untuk menggambarkan bahwa tanaman yang sudah dengan susah payah ditanam ternyata tidak menghasilkan karena banyak faktor, salah satunya masa kemarau panjang. Masa paceklik adalah masa-masa sangat susah bagi petani.

Sugiyarto pun berharap semoga dengan adanya operasi pasar ini masyarakat tidak kesusahan mencari beras karena memang harga beras di pasaran saat ini tengah naik. Sugiyarto bersama pihaknya akan mengusahakan akan kembali menggelar operasi pasar, terutama disaat warga mengalami musim paceklik karena jika diadakan operasi pasar disaat musim panen, masyarakat sudah tidak begitu antusias.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm