Kabupaten Pasaman Sumbar Dukung Gerakan Literasi Masyarakat.

20 Februari 2023 16:32 WIB
Kabupaten Pasaman Sumatera Barat dukung kegiatan Literasi Baca Indonesia
Kabupaten Pasaman Sumatera Barat dukung kegiatan Literasi Baca Indonesia ( Humas Perpusnas)

Pasaman, Sonora.Id - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat terus berupaya meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca masyarakat dengan mengerahkan dukungan dari berbagai pihak dan stake holder. Kegiatan Ambu (Anak Membaca Buku), Bestie (Bunda Literasi Sebagai Pamong Peningkatan Literasi), maupun perpustakaan keliling menjadi sederet program unggulan yang digalakkan.

Antusiasme Bupati Pasaman Barat Hamsuardi nampak ketika Duta Baca Indonesia Gol A Gong melakukan safari literasi di kabupaten tersebut. Secara khusus, Bupati berjanji akan serius meningkatkan literasi masyarakat. Apalagi, terakhir kolaborasi peningkatan literasi yang dilakukan antara Perpustakaan Nasional dengan Pemkab Pasaman Barat terjadi 18 tahun silam.

“Kami senang Pasaman Barat menjadi lokasi pembuka safari literasi Duta Baca Indonesia. Di sini, kami terus berupaya melakukan sinergi dengan kantor Agama, Dinas Pendidikan, pegiat literasi, komunitas literasi, dan masyarakat umum dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama agar kegemaran membaca di Pasaman Barat semakin meningkat,” ujar Bupati Hamsuardi ketika membuka pelaksanaan Talkshow dan Pelatihan Kepenulisan DBI 2023, pada Senin, (20/02/2023).

Mengutip pernyataan Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando, Bupati Pasaman Barat menegaskan bahwa ilmu pengetahuan tidak bisa disuntikkan dengan jarum infus ke setiap kepala, melainkan hanya bisa di dapat dengan cara membaca. Pada kesempatan talkshow, Duta Baca Indonesia turut mengapresiasi semangat dan motivasi masyarakat Pasaman Barat dalam mengikuti kegiatan talk show dan latihan kepenulisan yang diadakannya. Hal ini terlihat dari aktifnya para peserta ketika berdiskusi.

Gol A Gong lantas menerangkan bahwa membaca dan menulis itu bukan arahannya, tapi seruan Sang Pencipta. Aktivitas membaca bisa mengantarkan manusia kemana pun yang menjadi tujuan dan membantu mencapai apa yang manusia impikan.

“Kita hanya butuh membaca, memahami dan mengetahui ilmu apa pun yang kita butuhkan. Kemampuan membaca dan menulis harus terus di galakkan, dikembangkan dan dilestarikan. Agar generasi penerus bangsa kita adalah mereka, orang orang yang berkualitas dan berilmu,” pungkas Duta Baca Indonesia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm