25 Ucapan Bela Sungkawa Islam yang Menyentuh Hati dan Mengharukan

21 Februari 2023 16:45 WIB
Ilustrasi ucapan belasungkawa Islam.
Ilustrasi ucapan belasungkawa Islam. ( Kompas)

Sonora.ID - Berikut adalah paparan mengenai beberapa contoh ucapan bela sungkawa Islam yang penuh kepedulian dan kasih sayang.

Dalam kehidupan sehari-hari, syariat mendorong setiap umat Muslim untuk saling mempedulikan dan menebarkan kasih sayang, baik dalam keadaan baik maupun sebaliknya.

Dalam keadaan yang kurang baik, misalnya, salah satu momen untuk menampakkan kepedulian dan kasih sayang ialah ketika ada keluarga dari kerabat atau kolega kita yang meninggal dunia.

Sebagaimana yang kita tahu, kehilangan seorang anggota keluarga atau orang yang kita cintai di hidup ini tergolong sebagai cobaan yang sangat berat.

Oleh karena itu, dalam keadaan yang demikian, Islam mendorong umatnya untuk memberi dukungan lewat ucapan belasungkawa.

Dengan memberikan ucapan belasungkawa, maka seseorang telah menunjukkan kepedulian, rasa turut bersedih, sekaligus mendoakan agar orang-orang yang kehilangan keluarganya dapat diberi ketabahan dan keikhlasan.

Maka, sebagai referensi, berikut Sonora sajikan beberapa contoh ucapan belasungkawa Islam, sebagaimana dikutip dari Gramedia.com.

Ucapan Belasungkawa Islam

Baca Juga: 40 Ucapan Ulang Tahun untuk Ibu Islami dengan Doa yang Menyentuh

  1. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang menimpa dirimu saat ini.
  2. Semoga Allah memudahkan almarhumah/ almarhum untuk melewati seluruh tahapan pada kehidupan di akhirat.
  3. Semoga Allah menempatkan almarhum/ almarhumah di Jannatul Firdaus.
  4. Aku turut berduka cita atas kepergian atau meninggalnya kakekmu, semoga beliau khusnul khotimah dan mendapatkan kelapangan di akhirat.
  5. Aku turut berduka cita ya atas musibah yang sedang menimpa dirimu saat ini dan keluarga. Semoga seluruh duka yang kamu alami segera berlalu.
  6. Turut berduka cita yang mendalam ya untuk beliau, semoga beliau tenang di Surga.
  7. Turut berduka cita atas meninggalnya kedua orang tuamu, semoga kamu dan keluarga diberikan ketabahan dari peristiwa duka ini. Semoga orang tuamu mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.
  8. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang kamu alami hari ini.
  9. Aku merasa sangat sedih dan berduka cita sedalam-dalamnya. Sungguh aku tidak bisa mengatakan apa-apa selain mendoakan kamu agar tetap kuat dan tegar.
  10. Insyallah semua ini adalah rencana yang terbaik dari Allah. Kamu harus bisa mengikhlaskan dan menerima kepergian beliau dengan segera ketabahan serta hati yang lapang.
  11. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, saat ini yang bisa kita lakukan sekarang hanyalah mendoakan beliau yang telah pergi meninggalkan kita selamanya.
  12. Semuanya telah ada dalam rencana Allah Sang perencana terbaik. Semoga almarhum tenang di akhirat dan mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.
  13. Aku turut berduka cita atas meninggalnya (nama) semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan kekuatan baik itu iman maupun kesabaran.
  14. Kehilangan memang tidak pernah mudah. Akan tetapi, ingatlah selalu bahwa tidak ada cobaan yang diberikan oleh Tuhan dan melampaui kemampuan hamba-Nya, kamu pasti bisa bangkit dari rasa duka ini!
  15. Segala sesuatu terjadi karena kehendak Allah dan kita semua harus bisa menerimanya dengan lapang dada. Meskipun tidak mudah pada awalnya, tetapi pasti rasa duka ini akan hilang dan dapat kamu lewati dengan mudah.
  16. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita atas apa yang telah menimpamu, aku berharap agar kamu mendapatkan yang terbaik dan beliau mendapatkan kemudahan di akhirat. Semoga kamu kuat untuk menjalani semua ini.
  17. Aku turut bersedih serta berduka cita sedalam-dalamnya. Aku hanya dapat memanjatkan doa terbaik saat ini untuk almarhum dan almarhumah di sana.
  18. Inna ilahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita sedalam-dalamnya. Semoga almarhum/almarhumah diampuni seluruh kesalahannya serta diterima semua amal ibadahnya oleh Allah. Semoga, kamu dan keluarga yang ditinggalkan juga diberikan ketabahan, kesabaran dan kekuatan untuk menghadapi cobaan ini.
  19. Turut berduka cita. Aku hanya bisa mendoakan semoga beliau mendapatkan tempat paling baik saat ini. Semoga kamu juga bisa mengikhlaskan dan melepaskan kepergian beliau.
  20. Turut berbelasungkawa, semoga kesedihan yang kamu alami saat ini bisa segera kamu lalui dan beliau diberikan tempat paling indah, nyaman di sisi-Nya.
  21. Kebaikan serta ketulusan beliau akan selalu aku ingat selamanya di dalam hati. Semoga beliau sudah tenang berada di sisi-Nya. Aku turut bersedih dan berduka cita sedalam-dalamnya.
  22. Dia adalah sosok teman yang menyenangkan dan tidak pernah ragu untuk saling mengingatkan. Kamu senang mengenal orang seperti dirinya. Kami juga percaya bahwa dia akan mendapatkan tempat paling baik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.
  23. Engkau tidak hanya guruku. Ikatan yang terjadi di antara kita sudah seperti sebuah keluarga. Jasa-jasa mu akan selalu aku kenang. Untukmu, doa ku rutin aku panjatkan. Selamat tinggal guruku tercinta. Semoga kamu diberikan tempat terbaik.
  24. Seperti lilin, engkau membawa terang untuk jalan kami yang cukup suram. Kemudian engkau pulang ke tempat asal cahaya diciptakan. Selamat tinggal pahlawan tanpa tanda jasaku. Semoga Tuhan selalu menjaga dirimu dan berkenan untuk menerima amalanmu. Kami juga akan berjuang untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi tanah air dengan bekal yang engkau berikan.
  25. Aku ikut merasa berbelasungkawa karena wafatnya (nama). Semoga ia mendapatkan tempat paling baik di kehidupan yang abadi. Semoga seluruh keluarga yang ditinggal tetap bersabar. Ingatlah bahwa Allah selalu menyertai mereka yang bersabar.

Demikian paparan mengenai beberapa contoh bela sungkawa Islam sebagaimana di atas. Semoga bermanfaat.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: 8 Cara Menyapih Anak Menurut Islam Lengkap dengan Penjelasan Dalilnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm