Jalan Wonogiri-Pacitan Amblas Satu Meter, Pengendara Diminta Waspada

21 Februari 2023 13:50 WIB
Ilustrasi perbaikan jalan rusak.
Ilustrasi perbaikan jalan rusak. ( Pixabay/Stefan Schweihofer )

Wonogiri, Sonora.ID - Ruas jalan antar provinsi jalur Wonogiri-Pacitan tepatnya di Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dilaporkan amblas pada Senin (20/2/2023).

Jalan di Desa Pucung tersebut amblas hari Minggu (20/2/2023) pukul 15.30 WIB.

Ruas Jalan tersebut menjadi bergelombang dan pengendara wajib menurunkan kecepatan serta meningkatkan kehati-hatian.

Salah satu ruas jalan penghubung antara Jawa Tengah dan Jawa Timur itu amblas setelah diguyur hujan lebat dengan intensitas tinggi yang menerjang Kabupaten Wonogiri dalam sepekan terakhir.

Aiptu Iwan Sumarsono, Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri saat dikonfirmasi oleh wartawan pada Senin (20/2/2023) menyatakan laporan dari Polsek setempat menyebutkan ruas jalan yang amblas sepanjang 30 meter.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Sragen, Satu Orang Tewas

"Kedalaman amblasnya mencapai satu meter," ujar Aiptu Iwan.

Aiptu Iwan mengatakan, amblasnya ruas jalan antar provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur setelah terjadi hujan lebat dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah Kismantoro.

"Kondisi mengakibatkan ruas jalan provinsi tepatnya di Kismantoro (Wonogiri)-Nawangan (Pacitan) tepatnya di Dusun Jladri mengalami amblas dengan kedalaman satu meter dan panjang 30 meter," kata Iwan.

Akibat amblasnya jalan penghubung provinsi ini, arus lalu lintas di ruas jalan tersebut terhambat. Atas kejadian tersebut, Aiptu Iwan menyampaikan tidak ada korban jiwa dan korban luka.

Menurut Iwan, aparat Polsek setempat bersama pemerintah kecamatan sudah turun ke lokasi untuk melakukan pengaturan pada kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut.

Tak hanya itu, Polsek setempat juga menghimbau pengendara yang melewati ruas jalan tersebut ekstra hati-hati untuk mengurangi resiko kecelakaan di jalan.

Selain itu, anggota Polisi setempat sudah menghubungi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU PR) Kabupaten Wonogiri untuk memperbaiki ruas jalan yang amblas.

Informasi yang dihimpun oleh DPU PR Wonogiri sudah menutup ruas jalan yang amblas di bagian ujung dengan aspal agar bisa dilalui oleh kendaraan.

Baca Juga: Anggaran Lampu Underpass Sukoharjo Capai Miliaran Rupiah

Menurut Aiptu Iwan, jalan penghubung antar provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini amblas dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang akhir-akhir ini mengguyur di wilayah Kismantoro.

Disamping itu, sebagai jalan utama yang menghubungkan antar provinsi Jawa Tengah–Jawa Timur ini juga kerap dilintasi oleh kendaraan bermuatan berat.

“Pengaspalan rencananya dilanjut besok oleh DPU,” ujar Aiptu Iwan. 

Penulis: Nafila Cholifah

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm