Respon Ganjar Terkait Banjir di Solo: Kita Perbaiki Mulai Hulu Sungai

21 Februari 2023 13:55 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ( Istimewa)

Solo, Sonora.ID - Pasca banjir yang mengepung wilayah Soloraya dalam beberapa hari ini, Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah berupaya akan melakukan sejumlah penataan di Sungai Bengawan Solo dimulai dari hulu sungai.

Seperti yang diketahui, hulu Sungai Bengawan Solo yang berada di Kabupaten Wonogiri.

Gubernur Ganjar menilai penataan di hulu sungai tersebut harus segera dilaksanakan agar banjir tidak kembali terjadi di wilayah Soloraya.

"Ya berikutnya maka mesti betul penataan sampai hulunya," kata Ganjar Pranowo saat ditemui wartawan di Kabupaten Sragen, Senin (20/2/2023).

Akan tetapi, mengenai penataan kawasan hulu sungai tidak hanya akan dilakukan di daerah Soloraya saja.

Baca Juga: BBWS Bengawan Solo Tingkatkan Kapasitas Pompa Air Pasca Banjir

Menurut Ganjar, penataan kawasan sungai juga akan dilaksanakan di sungai-sungai yang ada di daerah Kota Semarang dan Kabupaten Semarang.

Ganjar menyampaikan, penataan hulu sungai ini merupakan bagian dari mitigasi bencana, salah satunya dengan melakukan penghijauan pada kawasan sungai.

"Ya penghijauan. Ya kita mitigasi sungainya kemarin kita kerja sama dengan BBWS juga ya dan itu tidak hanya yang ada di Solo tapi Semarang juga," jelasnya.

"Kemarin Kota Semarang dan Kabupaten sama, hari ini yang Kota Semarang dan Kabupaten Semarang kita rapatkan teknisnya," lanjut Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar menilai masih banyaknya hulu sungai yang bermasalah, sehingga mengakibatkan wilayah lain juga ikut terdampak pada musibah banjir.

"Ini BBWS kita undang, karena banyak yang di hulu ini bermasalah, maka kalau kita tidak bereskan di hulunya ya berat," kata Ganjar.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga akan mengajukan modifikasi atau rekayasa cuaca.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Sragen, Satu Orang Tewas

Gubernur Ganjar mengungkapkan harus ada mitigasi bencana terutama pada hulu sungai. Ia menyebut banyak hulu sungai yang bermasalah terutama pada sedimentasi.

"Pengelolaan di alur sungai termasuk sedimentasi dan macam-macam harus kita bereskan. Tentu juga mengkonservasi di sisi hulunya, ini masih hujan makanya tanamlah sebanyak-banyaknya, dan yang terakhir itu rekayasa (teknik rekayasa cuaca) kemarin di modifikasi cuaca mau diajukan lagi," lanjutnya.

Penulis: Nafila Cholifah

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm