TMMD Diharapkan Terus Ciptakan Kondisi Sosial Masyarakat yang Dinamis

24 Februari 2023 18:35 WIB
PJ. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si., Membuka secara langsung Acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2023 di Desa Bengawan Ampar Kecamatan Kuala Behe, di Aula kantor Bupati Landak, Kamis (23/02/2023).
PJ. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si., Membuka secara langsung Acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2023 di Desa Bengawan Ampar Kecamatan Kuala Behe, di Aula kantor Bupati Landak, Kamis (23/02/2023). ( Diskominfo Landak)

Landak, Sonora.ID - Pj. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si membuka secara langsung acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2023 di Desa Bengawan Ampar Kecamatan Kuala Behe, dengan tema "Sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat semakin kuat", di aula kantor Bupati Landak, Kamis (23/02/2023).

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Landak Samuel, menyampaikan bahwa program TNI manunggal membangun desa adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah, serta segenap lapisan masyarakat.

Dalam perkembangannya, TMMD menjangkau ke daerah-daerah terpencil dan tertinggal, perbatasan, kumuh perkotaan maupun daerah yang dilanda bencana alam.

"Tujuan dari kegiatan TMMD ini ialah membantu pemerintah daerah kabupaten/kota dalam percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta memberdayakan potensi wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ujar Samuel.

Baca Juga: Gubernur Kalbar Memberi Motivasi Siswa SMA Negeri 1 Pontianak Jelang Ujian Sekolah

Lebih lanjut Samuel mengatakan bahwa tujuan lainnya yang tidak kalah penting yaitu untuk meningkatkan kesadaran bela negara dalam upaya pemberdayaan wilayah pertahanan dan juga ikut menciptakan kondisi sosial masyarakat yang dinamis dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi berbagai ancaman.

"Program TMMD selama ini telah banyak membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ucap Samuel.

Dikatakannya dalam program TMMD ke-116 ini, TNI AD bekerjasama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah di seluruh tanah air dalam melaksanakan kegiatan sasaran fisik dan sasaran non fisik, sasaran fisik diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana, fasilitas umum lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah.

"Sedangkan kegiatan non fisik antara lain penyuluhan tentang kesehatan seperti peran posyandu, pencegahan stunting, serta bela negara dan wawasan kebangsaan yang diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju sejahtera dan mandiri, semua bentuk kegiatan tersebut sejalan dengan tema TMMD ke-116 kali ini, yaitu sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat semakin kuat," jelasnya.

Baca Juga: Sutarmidji Tekankan Pentingnya Indikator untuk Capai Desa Mandiri

Halaman Berikutnya
PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm