Selamat Tinggal e-KTP, Pemprov Kalsel Dorong Penggunaan Identitas Digital

1 Maret 2023 14:08 WIB
KTP digital
KTP digital ( Dissukcapil Pontianak)

Banjarbaru, Sonora.ID – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menerapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital sejak September tahun lalu.

Kartu identitas yang dapat diakses melalui ponsel pintar itu, secara bertahap akan menggantikan peran KTP elektronik atau e-KTP yang telah digunakan sejak tahun 2009 lalu.

Menindaklanjuti terobosan pemerintah pusat, Pemprov Kalsel akan menargetkan penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi warga Kalsel mulai tahun ini. Tidak muluk-muluk, 25 persen warga yang telah melakukan perekaman data kependudukan, ditargetkan telah memiliki KTP digital pada tahun ini.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipin dan Keluarga Berencana Kalsel, Zulkifli, Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi kalangan pertama yang didorong memiliki KTP digital.

“Mereka (ASN) kan mayoritas tinggalnya di wilayah perkotaan, jadi mudah untuk mengakses KTP digital,” ujar Zulkifli saat dikonfirmasi di kantornya, pada Selasa (28/02).

Baca Juga: Kapolda Kalsel Tegaskan di Banjarbaru Tidak Boleh Ada Pertambangan

Menurut Zulkifli, banyak manfaat yang akan dirasakan masyarakat ketika menggunakan KTP digital, seperti mempermudah dalam pelaksanaan transaksi layanan publik.

Selain itu, manfaat identitas kependudukan digital atau Digital.id untuk menghindari terjadinya pemalsuan data kependudukan. Mengingat, KTP merupakan identitas resmi seorang penduduk yang berlaku di seluruh wilayah Negara Indonesia.

“Penggunaan KTP digital ini pastinya akan menghindarkan pemiliknya terhindar dari pemalsuan data kependudukan,” bebernya.

Keuntungan lainnya, lanjut Zulkifli, adalah penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak ada lagi pembuatan atau pencetakan blangko KTP. Sehingga, anggaran yang tersedia bisa dialihkan atau dimanfaatkan untuk pengembangan pelayanan Adminstrasi Kependudukan (Adminduk) lainnya.

“Penghematan bagi kas negara, ini kan tidak perlu blanko lagi,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat, khususnya ASN, untuk segera beralih menggunakan KTP digital.

“Saya sudah menggunakannya,” pungkas Zulkifli.

Berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

PenulisFakhrurazi
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm