Halte Central Busway akan Direlokasi ke Monas

6 Maret 2023 14:10 WIB
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (06/03/2023)
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (06/03/2023) ( Sonora FM Jakarta/ Lia Muspiroh)

Sonora.ID - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan Halte Central Busway TransJakarta yang tadinya di Harmoni rencananya akan dipindah ke Monas, sehingga Monas menjadi Halte Central Busway. 

"Untuk titik transfer yang selama ini, Harmoni Central Busway menjadi titik transfer ini bisa kita relokasi ke sana (Monas)," ujar Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (06/03/2023) 

Rencana relokasi itu dilakukan karena Halte Harmoni terimbas pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) yang membutuhkan waktu lima tahun. 

"Sementara di sana (Monas9 karena kan pembangunan MRT butuh waktu yang cukup lama ya, lima tahun," lanjut Syafrin

Syafrin menyebut saat ini Halte Monas masih terbilang sempit untuk dijadikan Halte Central Busway, untuk itu nantinya akan ada penambahan panjang halte ke arah Selatan. Pembangunan halte central busway di Monas nantinya akan dibangun oleh MRT. 

"Kami akan berkoordinasi dengan MRT tentunya untuk bisa segera dilakukan pembangunan perpanjangan Halte Monas ke arah Selatan sehingga nanti kondisi ideal di sana bisa kita tambah (rute)," kata Syafrin.

Baca Juga: Relokasi Depo atau Warga, Heru Budi: Jakarta Ikut Kebijakan Pusat

Relokasi halte central busway dari Harmoni ke Monas itu telah dibahas sejak lama dan saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yang berada di kawasan Monas, terutama kawasan itu bersisian dengan kawasan Ring 1 atau sekitar Istana Kepresidenan Jakarta. 

"Kita perlu koordinasi dengan stakeholders di kawasan Monas sehingga mendapatkan persetujuan untuk dilakukan extension halte transjakarta Monas, pembangunannya nanti oleh teman-teman dari MRT," pungkas Syafrin

Imbas dari pembangunan MRT Jakarta fase dua ini tak hanya berdampak pada halte transjakarta, tapi juga berimbas pada lalu lintas di sepanjang Jl. MH. Thamrin hingga Kawasan Kota Tua, lajur diatur menyempit dan beberapa jalan dialihkan arusnya. 

Beberapa diantaranya di Jl. Hayam Wuruk yang semula kendaraan dari arah Kota bisa berbelok di Perempatan Gajah Mada, kini ditutup sementara dan diluruskan ke Harmoni atau berbelok di putaran arah sebelum Harmoni.

Begitu juga di Jl. Sukarjo Wiryopranoto, semula kendaraan dari arah Stasiun Sawah Besar bisa langsung ke Jl. KH. Zaenul Arifin atau belok kanan mengarah Kota melalui Perempatan Gajah Mada, kini dibelokkan ke kiri mengarah Harmoni dan berputar arah sebelum Harmoni. 

Diketahui Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang membangun MRT Jakarta fase 2 membentang sepanjang sekitar 11,8 kilometer dari kawasan Bundaran HI hingga Ancol Barat. Fase 2 ini melanjutkan koridor Utara-Selatan fase 1 yang telah beroperasi sejak 2019 lalu yaitu dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI. (Lia Muspiroh)

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm