Upaya Penanggulangan Bencana Banjir di Kalbar oleh BPBD Kalbar

6 Maret 2023 16:55 WIB
Salah satu rumah warga di wilayah Kabupaten Bengkayang yang terdampak Banjir.
Salah satu rumah warga di wilayah Kabupaten Bengkayang yang terdampak Banjir. ( BPBD Prov. Kalbar)

Pontianak, Sonora.ID - Dalam upaya membantu penanggulangan bencana banjir di Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang, BPBD Prov. Kalbar melakukan koordinasi secara intens terkait upaya2 penanggulangan yg harus segera dilakukan oleh BPBD Kabupaten.

BPBD Prov. Kalbar mendorong diantaranya; Agar pihak BPBD Kabupaten segera melakukan asesmen dengan menurunkan Tim Reaksi Cepat di lokasi bencana untuk mendata jumlah warga dan Fasum yang terdampak, menghitung kebutuhan dasar yang dibutuhkan warga terdampak, membuka Dapur umum dan menyiapkan tempat hunian sementara.

Kedua, Segera melakukan koordinasi dgn seluruh instansi/ terkait untuk segera melakukan upaya penanggulan dengan cepat yaitu melakukan evaluasi warga yang terdampak ke tempat yang aman (Hunian sementara).

Kemudian ketiga, mendorong BPBD Kab. Bengkayang dan Sambas menetapkan segera Status Tanggap Darurat Bencana Penangan Batingsor.

Saat ini Pemkab Bengkayang sudah menetapkan Status Tanggap Darurat Penanganan Bencana Batingsor Terhitung Mulai 28 Februari 2023 s.d. 13 Maret 2023.

Status ini dapat diperpanjang apabila bencana masih meluas, untuk Pemkab Sambas informasi yang diterima SK Status Tanggap Darurat Penanganan bencana Batingsor sedang diproses.

Baca Juga: Kemensos Berikan Bantuan untuk Korban Banjir Bengkayang

Pengetatan Status bagi Kabupaten yang terdampak ini sangat penting sebagai payung hukum untuk Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi Kalbar memobilisasi bantuan Peralatan, Personil dan Logistik di daerah bencana.

Kepala BPBD Prov. Kalbar sdh menyiapkan beberapa tim yang akan diturunkan ke kabupaten Bengkayang dan Sambas untuk menyampaikan bantuan kepada warga warga terdampak, oleh sebab itu Data warga dan Fasum terdampak ini setiap waktu akan dilakukan verifikasi, karena dari data ini Pemprov. Kalbar akan menjadi salah satu pertimbangan untuk menetapkan jumlah bantuan yang akan disalurkan.

Pemprov Kalbar juga menghimbau kepada semua elemen masyarakat secara pribadi dan kelompok untuk bersama-sama ikut membantu saudara-saudara kita yang mengalami bencana ini. Bantuan dapat berupa Mie Instan, Sembako, Selimut, air mineral dan perlengkapan bayi.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm