Arti Mumayyiz dalam Islam: Syarat Wajib Ibadah Salat dan Puasa Ramadan

8 Maret 2023 19:15 WIB
Arti mumayyiz.
Arti mumayyiz. ( Freepik)

Sonora.ID - Istilah mumayyiz kerap kali kita dengar saat mempelajari syarat-syarat wajib atau sah diterimanya berbagai ibadah dalam Islam seperti salat dan puasa Ramadan.

Lantas apa sih yang dimaksud dengan mumayyiz itu?

Dikutip dari berbagai sumber, mumayyiz merujuk pada fase tumbuh kembang seorang anak yang sudah mampu mengetahui serta membedakan hal baik dan buruk, hal yang bermanfaat dan memudharatkan, mengetahui pengertian berbagai lafazh secara global, memahami bahwa aktivitas jual beli, misalnya, akan menghasilkan kepemilikan terhadap barang.

Sesuai dengan penjelasan dalam sebuah hadis dari Amr bin Syu’aib, dari ayahnya dari kakeknya, Rasulullah SAW bersabda, ‘Perintahkanlah anak-anakmu mengerjakan shalat ketika berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka karena meninggalkan shalat bila berumur sepuluh tahun.’

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam hadis tersebut para orang tua harus mulai membiasakan anak-anaknya untuk melaksanakan ibadah salat sejak mereka memasuki usia mumayyiz, yakni sekitar umur 7 tahun.

Usai mempelajari arti kata mumayyiz mungkin timbul pula sebuah pertanyaan dalam benak Anda mengenai lantas apa yang membedakan istilah mumayyiz dan baligh? Hal ini mengingat kedua kata tersebut memiliki arti yang hampir mirip yakni merujuk pada usia wajib seseorang untuk menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

Baca Juga: Cara Mengqodho Sholat Ashar di Waktu Maghrib Lengkap dengan Niatnya

Apa Perbedaan Mumayyiz dengan Baligh?

Meski secara arti hampir senada, namun kedua kata ini nyatanya juga memiliki perbedaan. Mumayyiz merupakan fase tumbuh kembang anak-anak menjelang baligh. Sedangkan, baligh merupakan usia seseorang yang telah terikat dengan hukum syariah sehingga jika tidak melakukan ibadah wajib mereka akan berdosa.

Usia baligh ini biasanya ditandai dengan beberapa perubahan fisik yang biasanya mulai muncul saat usia 15 tahun.

Perubahan-perubahan fisik tersebut seperti tumbuhnya jakun dan suara yang semakin berat pada anak laki-laki serta tumbuhnya payudara dan rambut di bagian tubuh tertentu pada anak perempuan.

Selain itu, anak laki-laki juga akan mengalami mimpi basah. Sedangkan, anak perempuan memasuki masa balig dengan mengalami datang bulan atau menstruasi.

Baca Juga: Perbedaan Fisik Laki-Laki Sebelum dan Sesudah Masa Pubertas, Apa Saja?

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm