2 Khutbah Jumat Akhir Sya'ban, Cocok untuk Muhasabah Jelang Ramadhan

9 Maret 2023 17:10 WIB
Ilustrasi khutbah Jumat akhir Sya'ban
Ilustrasi khutbah Jumat akhir Sya'ban ( unsplash.com)

Sonora.ID - Mari simak pemaparan tentang khutbah Jumat akhir Sya'ban berikut ini yang cocok untuk muhasabah jelang Ramadhan.

Syaban menjadi salah satu bulan istimewa bagi umat Muslim karena menandakan bahwa Ramadhan sudah semakin dekat.

Bulan ini pun bisa kamu manfaatkan untuk mengumpulkan amalan baik, seperti membacakan khutbah Jumat sebagai media dakwah.

Ada banyak topik yang bisa kamu angkat sebagai khutbah Jumat di akhir bulan istimewa ini agar para pendengar dapat melakukan muhasabah diri.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah 3 khutbah Jumat akhir Sya'ban yang bisa kamu bacakan sebagai dakwah.

1. Sambut Ramadhan dengan Amalan Baik

Baca Juga: Tata Cara Sholat Nisfu Syaban Sendiri di Rumah, Lengkap dengan Niat dan Doa

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ، وَبِفَضْلِهِ تَتَنَزَّلُ الْخَيْرَاتُ وَالْبَرَكَاتُ، وَبِتَوْفِيْقِهِ تَتَحَقَّقُ الْمَقَاصِدُ وَالْغَايَاتُ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَانَبِيَّ بَعْدَهُ. اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ المُجَاهِدِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ أَمَّا بَعْدُ، فَيَا آيُّهَا الحَاضِرُوْنَ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ، وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى.  فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ: ا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Tidak terasa saat ini kita sedang berada di akhir bulan Sya’ban. Semoga dengan tambahan usia dan kesehatan yang Allah SWT anugerahkan hingga kini akan terus meningkatkan takwa. Yakni menjalankan perintah dan menjahui yang dilarang Allah SWT. Ingat, pesan takwallah senantiasa dikumandangkan yang berarti memberikan pesan bahwa takwa merupakan hal penting bagi seorang muslim di dunia ini.

Hadirin yang Mulia

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm