Kepala Perpusnas: Perpustakaan Ruang Belajar Terbuka Masyarakat

9 Maret 2023 16:51 WIB
Kepala Perpusnas Drs Syarif Bando,M.M
Kepala Perpusnas Drs Syarif Bando,M.M ( Dok Perpusnas)

Purbalingga, Sonora.Id - Kepala Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando, menyatakan perpustakaan didorong agar menjadi ruang belajar terbuka bagi seluruh masyarakat.

Hal ini berlaku bukan hanya untuk peserta didik, tetapi juga para pelaku ekonomi mikro. Selain itu, pola pelayanan perpustakaan harus bertransformasi yang sebelumnya tempat membaca buku menjadi tempat untuk melakukan pelatihan seperti membuat kerajinan, kuliner, dan lainnya.

“Dengan begitu masyarakat bisa secara langsung menikmati manfaat dari kehadiran mereka di perpustakaan. Juga diperlukan upaya-upaya meyakinkan masyarakat agar mereka sadar membutuhkan sekali inovasi dan kreativitas,” ujarnya dalam Peresmian Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, pada Kamis (9/3/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perpusnas mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga dan seluruh masyarakat atas diresmikannya gedung baru perpustakaan. Gedung Perpustakaan Kabupaten Purbalingga dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Subbidang Perpustakaan Daerah dengan bantuan DAK dari pemerintah pusat sebesar Rp9,5 miliar.

“Kami mengapresiasi gedung ini bisa diwujudkan sangat megah dan upaya untuk memanfaatkannya bagi masyarakat Kabupaten Purbalingga juga telah disusun dalam program pemerintah daerah yang tujuannya dalam menjabarkan program bapak Presiden Jokowi tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ungkapnya.

Menurut Kepala Perpusnas, hal tersebut dilakukan melalui upaya meningkatkan literasi masyarakat dengan menyiapkan buku-buku ilmu terapan bagi masyarakat dan gencar mendorong masyarakat untuk mengimplementasikan ilmu yang ada di buku.

“Dalam kaitannya dengan perwujudan ekonomi pascapandemi ini, sudah terbukti Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk kesejahteraan. Kurang lebih dua juta masyarakat yang telah kami edukasi punya bekal untuk berdaya dalam tantangan ekonomi yang sangat berat terutama menghadapi ancaman krisis di 2023 dan 2024,” imbuhnya.

Acara peresmian Gedung Perpustakaan Kabupaten Purbalingga dirangkaikan dengan pameran produk hasil literasi dan talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Kabupaten Purbalingga. Dipamerkan produk literasi masyarakat Kabupaten Purbalingga yakni kerupuk ampas tahu D&D, kerajinan produk rajut (boneka, tas, aksesoris), dompet kulit, Sofie Craft (tas dan sepatu rajut), Penerbit dan Percetakan CV Trik Jitu Purbalingga (buku hasil karya penulis Purbalingga), dan hasil kerajinan Limbah Pustaka (daur ulang limbah). Kuda Pustaka Gunung Slamet yang merupakan inisiasi pegiat literasi Kabupaten Purbalingga dalam mendorong budaya baca masyarakat, juga memeriahkan pameran.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, yang hadir secara daring menyampaikan terima kasih untuk Presiden Jokowi bersama pemerintah pusat atas dukungan pembangunan gedung layanan perpustakaan di daerahnya.

“Tentunya banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat atas telah terbangunnya gedung layanan perpustakaan daerah Kabupaten Purbalingga. Minat baca masyarakat dan juga angka literasi mudah-mudahan semakin meningkat,” ungkapnya.

Bupati Dyah berharap gedung layanan yang representatif akan mewujudkan visi misi daerah yaitu Purbalingga yang mandiri, berdaya, sejahtera, dan berakhlak mulia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm