7 Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah yang Sesuai Format

9 Maret 2023 20:00 WIB
Contoh surat pengunduran diri dari sekolah.
Contoh surat pengunduran diri dari sekolah. ( Pixabay)

Sonora.ID - Surat pengunduran diri merupakan sebuah surat yang biasanya ditulis untuk memberitahukan kepada atasan mengenai keinginan untuk mengundurkan diri dari jabatan, posisi atau status yang tengah diemban.

Selain agar terlihat profesional dan resmi, surat ini biasanya memang menjadi salah satu syarat administratif yang harus dipenuhi

Sebuah surat pengunduran diri ini pun biasanya terdiri atas beberapa unsur atau struktur seperti nama kota dan tanggal, nama dan  alamat sekolah/perusahaan/organisasi, salam pembuka, alasan mengundurkan diri, tanggal mengundurkan diri, ucapan permohonan maaf serta terima kasih, dan salam penutup dilengkapi dengan nama dan tanda tangan.

Dalam artikel ini pun kami sajikan beberapa contoh surat pengunduran diri dari sekolah yang sopan dan tepat. Berikut referensinya untuk Anda seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 9 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan beserta Strukturnya

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

Contoh 1

SMA/SMK/Sederajat

….,....20…

Perihal : Pengunduran diri

Lampiran : 1 Bundel

Yth.

Kepala SMK/SMA ….

di tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya ….. Mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Guru honorer …. di SMK/SMA … efektif per tanggal …

Terima kasih saya ucapkan kepada segenap rekan guru, karyawan SMK/SMA …. yang selama ini mendukung saya. Saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama mengajar di SMK/SMA Al Bayan banyak melakukan kesalahan.

Surat ini dibuat dengan semestinya dan tanpa dorongan dari pihak mana pun. Adapun mengenai alasan pengunduran diri dan berkas-berkas administratif lainnya tercantum dalam lampiran.

Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah kata saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

ttd.

(Nama)

Contoh 2

SMP/Sederejat

…., ……

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Yth.

Kepala SMP….

di tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya …. selaku guru honorer di … mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari sekolah dikarenakan saya akan mengajar di tempat yang baru.

Terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada segenap guru dan karyawan ….. Bersama surat ini saya juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama saya mengajar di sekolah melakukan banyak kesalahan.

Sekian yang dapat saya sampaikan, apabila ada tutur kata yang kurang berkenan saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Hormat Saya,

ttd.

(Nama)

Contoh 3

Kepala Sekolah SD

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Lampiran : 5 (Lima) Lembar

Kepada Yth,

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI

Cq. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah

di Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :

Tempat/Tgl Lahir :

NIP :

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm