7 Ceramah Singkat tentang Sedekah, Penuh dengan Hikmah untuk Muhasabah Diri

13 Maret 2023 16:20 WIB
Ilustrasi ceramah singkat tentang sedekah
Ilustrasi ceramah singkat tentang sedekah ( unsplash.com)

Sonora.ID - Artikel kali ini akan mengulas lengkap kumpulan ceramah singkat tentang sedekah yang penuh dengan hikmah untuk muhasabah diri.

Sedekah merupakan salah satu amalan baik yang digunakan oleh umat Muslim untuk mengumpulkan pahala dari Allah S.W.T.

Amalan baik ini memiliki banyak sekali manfaat, baik bagi diri sendiri dan juga orang yang menerimanya, karena dapat membantu satu sama lain dalam kebaikan.

Kamu bisa mengajak orang-orang di sekitar untuk melakukan amal kebaikan ini melalui ceramah yang dibacakan sebagai media dakwah.

Berikut ini adalah 7 ceramah singkat tentang sedekah yang penuh hikmah untuk kamu bacakan dalam menyebar kebaikan.

1. Ceramah Singkat tentang Sedekah I

Baca Juga: Berikut Ini 20 Contoh Pantun Penutup Ceramah yang Bisa Kamu Jadikan Referensi!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahrobbilaalamiin wabihi nastai’nu ala umuriddunya waddin waalaailihi wasohbihi ajmai’n amma ba’du.

Teman-teman yang saya hormati, mari kita semua panjatkan puji serta syukur pada Allah SWT yang telah memberi rahmat serta hidayah Nya pada kita semua. Sehingga kita dapat berkumpul bersama hari ini. Tidak lupa pula, shalawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan kita semua, Nabi Muhammad SAW.

Pada pagi hari ini, saya akan menyampaikan ceramah singkat tentang sedekah dan bagaimana pengaruh sedekah terhadap rezeki seseorang.

Sebagai umat Muslim, seperti yang kita tahu bahwa sedekah merupakan amalan baik yang disunnahkan untuk dilakukan. Ketika melakukan sedekah, maka rezeki seorang muslim akan bertambah dan tidak berkurang sepeser pun.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “bersedekahlah kalian, sebab sesungguhnya sedekah dapat menambah harta menjadi banyak, maka bersedekahlah kalian, maka Allah akan menyayangi kalian semua.” (Al Wasali 6: 255 hadits ke 11),

Tidak hanya dalam hadits tersebut saja, dalam Al Quran Allah juga menjelaskan tentang manfaat dari sedekah yaitu pada surat Al Baqarah ayat 261. Allah berfirman, “perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang memberi nafkah hartanya di jalan Allah ialah seperti sebutir benih yang dapat menumbuhkan 7 bulir pada setiap bulir tersebut 100 biji. Allah akan menggandakan ganjaran bagi siapa saja yang Allah hendaki serta Allah Maha Luas karunianya lagi Maha Mengetahui.”

Selain dapat menggandakan rezeki, sedekah adalah perantara hakikat kebenaran. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Imran ayat 92, “Kamu sekali-kali tidak sampai pada kebaikan yang sempurna, sebelum kamu memberi nafkah dari sebagian harta yang kamu cintai serta apa yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah maha mengetahuinya.” 

Dari keutamaan-keutamaan sedekah yang akan berpengaruh pada rezeki kita semua, tentu kita harus menyadari bahwa sedekah adalah suatu amalan yang membuat kita dicintai oleh Allah serta Rasul. Mudah-mudahan dengan ceramah singkat tentang sedekah ini, kita semua dibukakan pintunya untuk senantiasa beramal sholeh dan mendapatkan ridho Nya.

Sekian kultum tentang sedekah yang saya sampaikan pada hari ini. Semoga dapat bermanfaat dan bisa dipetik pelajaran bagi kita semua. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Ceramah Singkat tentang Sedekah II

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai sedekah.

Sedekah merupakan perilaku terpuji yang sangat disukai oleh Allah SWT dan sangat dianjurkan bagi kita yang mempunyai rezeki lebih. Harta yang kita miliki sebagiannya adalah hak orang-orang yang tidak mampu, jadi kita harus mengeluarkan hak mereka agar harta kita menjadi bersih.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm