Realisasikan 5 Program Prioritas, Tingkatkan SDM, Massifkan Digitalisasi & Satukan Persepsi

17 Maret 2023 11:20 WIB
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Medan Tahun 2024 di Four Point Hotel, Medan, Kamis (16/3).
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Medan Tahun 2024 di Four Point Hotel, Medan, Kamis (16/3). ( Rini Aprianty)
Medan, Sonora.ID - Pemerintah Kota Medan terus menggenjot pelaksaan lima program prioritas yang ditetapkan untuk segera direalisasikan, sehingga masyarakat merasakan manfaatnya.
 
Hal ini dikatakan Wali Kota Medan Bobby Nasution pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Medan Tahun 2024 di Four Point Hotel Jalan Gatot Subroto Medan, Kamis (16/3).
 
Dalam merealisasikannya, Bobby mengingatkan untuk tidak hanya fokus terhadap pembangunan fisik semata, tetapi juga harus diikuti dengan pengembangan seluruh SDM yang terlibat di dalamnya.

“Saya contohkan dengan penataan kawasan heritage di Kota Lama Kesawan, bukan hanya sekedar tumpukan besi atau pun batu yang ingin ditata. Tapi lebih jauh bagaimana SDM yang terlibat di dalamnya bisa berkompetisi,” kata Bobby Nasution.

Apalagi, menurut Bobby Nasution, persaingan saat ini tidak hanya sebatas antar daerah, tapi sudah antar negara. Oleh karenanya peningkatan SDM yang dilakukan harus sejalan dengan pemanfaatan digitalisasi secara massif. Seluruh perangkat daerah harus memanfaatkan digitalisasi guna merealisasikan seluruh program pembangunan, termasuk lima program prioritas.

 
 
Pentingnya pemanfaatan digitalisasi telah dibuktikan saat pelepasan ekspor hasil produk UMKM ke pasar internasional beberapa hari lalu. 
 
“Lebih dari 50 persen market yang didapat pelaku UMKM melalui internet. Jadi, saya minta semua program, terutama pelayanan harus diadaptifkan ke digitalisasi,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Sekda Provinsi Sumut Arief S Trinugroho yang hadir mewakili Gubernur Sumut, Wakil Wali Kota H Aulia Rachman, unsur Forkopimda Kota Medan, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu, pimpinan perangkat daerah serta camat dan lurah se-Kota Medan.

 
Bobby Nasution selanjutnya mengungkapkan, ada beberapa perangkat daerah yang terkesan masih copy paste dari tahun-tahun sebelumnya.

“Ini menjadi koreksi dan kita tidak boleh tutup mata. Ini bukan salah masing-masing perangkat daerah, tapi tidak terlepas dari kurangnya pengawasan di dalamnya. Di akhir masa kepemimpinan saya dan Pak Wakil Wali Kota di tahun 2024, kami ingin ada kenang-kenangan tidak hanya berupa bangunan fisik tapi juga sistem yang bisa digunakan secara berkelanjutan,” harapnya.

Di kesampatan itu, menantu Presiden Joko Widodo ini mengapresiasi perangkat daerah yang menunjukkan peningkatan kerja lebih baik, seperti misalnya dalam penanganan stunting yang hari ini sudah dijalankan. Hanya saja, Bobby menilai masih perlu penguatan monitoring atau pengawasan terhadap program tersebut.

 
Baca Juga: Pekan Literasi Digital Kota Medan Digelar Wujudkan Ekosistem Digital yang Aman, Nyaman, dan Produktif

Selain itu Bobby Nasution mengingatkan akan pentingnya kolaborasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. 
 
“Tagline kolaborasi yang selalu kita gaungkan artinya untuk menyatukan persepsi. Kita punya aturan, ketetapan dan kebijakan, jadi satukan persepsinya,” ujarnya mengingatkan.

Tak lupa Bobby Nasution juga mengingatkan persoalan narkoba, sebab Sumut saat ini peringkat pertama di Indonesia. Jika ditarik lagi, jelasnya, Medan nomor satu penyumbangnya. 

 
Bobby Nasution berharap agar persoalan narkoba dapat difokuskan dalam bentuk program maupun anggaran dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota sehingga persoalan narkoba di Kota Medan dapat terselesaikan. (R.a/snrmdn-rls)
 

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm