7 Contoh Interaksi Sosial di Lingkungan Masyarakat

23 Maret 2023 10:35 WIB
Ilustrasi Contoh Interaksi Sosial di Lingkungan Masyarakat
Ilustrasi Contoh Interaksi Sosial di Lingkungan Masyarakat ( Freepik)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat.

Interaksi sosial merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Tanpa interaksi sosial yang baik, masyarakat tidak akan bisa hidup secara harmonis dan tentram.

Lantas apa saja contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

 Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci Dari Semua Kehidupan Sosial

  1. Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk interaksi sosial yang paling umum terjadi di lingkungan masyarakat. Melalui komunikasi verbal, orang dapat saling berbicara dan menyampaikan pesan kepada orang lain. Komunikasi verbal bisa terjadi dalam bentuk percakapan tatap muka atau melalui telepon.

  1. Komunikasi Nonverbal

Selain komunikasi verbal, interaksi sosial juga terjadi melalui komunikasi nonverbal. Melalui gerakan tubuh, mimik wajah, dan bahasa tubuh lainnya, seseorang dapat menyampaikan pesan kepada orang lain.

Baca Juga: 25 Contoh Interaksi Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari, Apa Saja?

  1. Kerjasama

Kerjasama adalah bentuk interaksi sosial yang terjadi ketika dua atau lebih orang bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang sama. Dalam lingkungan masyarakat, kerjasama dapat terjadi dalam berbagai situasi, seperti dalam proyek-proyek pembangunan, program sosial, dan kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang.

  1. Persaingan

Selain kerjasama, persaingan juga merupakan bentuk interaksi sosial yang umum terjadi di lingkungan masyarakat. Persaingan dapat terjadi dalam berbagai situasi, seperti dalam hal memperebutkan pekerjaan, hadiah, atau perhatian dari orang lain.

Baca Juga: 5 Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

  1. Saling Menghormati

Saling menghormati adalah bentuk interaksi sosial yang penting dalam kehidupan masyarakat. Dengan saling menghormati, orang dapat menjaga hubungan baik antara satu sama lain dan menciptakan suasana yang harmonis.

  1. Konflik

Meskipun konflik tidak diinginkan, tetapi hal ini masih terjadi dalam lingkungan masyarakat. Konflik dapat terjadi antara dua orang atau kelompok yang memiliki pandangan atau kepentingan yang berbeda. Konflik dapat diatasi melalui dialog dan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah bentuk interaksi sosial yang terjadi ketika seorang individu memimpin dan mengarahkan kelompok atau organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Kepemimpinan dapat terjadi dalam berbagai situasi, seperti dalam organisasi sosial, politik, dan bisnis.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm