7 Ringkasan Ceramah Ramadhan Berbagai Tema

27 Maret 2023 16:00 WIB
ilustrasi, Ringkasan Ceramah Ramadhan Berbagai Tema
ilustrasi, Ringkasan Ceramah Ramadhan Berbagai Tema ( Freepik)

Sonora.ID - Kali ini akan diulas ringkasan ceramah ramadhan berbagai tema.

Umat Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan baik di bulan Ramadhan.

Di waktu ini kita juga bisa memperbanyak menimba ilmu-ilmu agama termasuk yang berkaitan dengan bulan Ramadan.

Misalnya ceramah tentang malam lailatul qadar hingga makna idul fitri.

Simak kumpulan ceramah singkatnya berikut ini.

Baca Juga: 3 Khutbah Jumat Bulan Ramadhan 2023 yang Penuh Makna

Ringkasan Ceramah Ramadhan

1. Tema: Sabar dan Syukur saat Puasa Ramadhan

Berpuasa merupakan ibadah yang menguji kesabaran umat Islam. Selama berpuasa, umat Islam juga belajar bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini.

Nikmat dari Allah kepada kita itu, sangat banyak, tidak terhitung jumlahnya, yaitu, nikmat hidup, sehat, panjang umur, masih bisa bernafas, nikmat iman, bahagia, rezeki, berjalan, melihat, mendengar dan lain sebagainya.

Karena itu sepatutnya kita bersyukur karena sudah diberikan kesehatan dan panjang umur.

Rasa syukur dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, bersyukur masih bisa berkumpul dengan keluarga, bersyukur dengan makan sahur dan buka yang kita miliki, serta mensyukuri berkah-berkah kecil lainnya.

Kemudian, kita harus merawat hal-hal yang kita syukuri itu dengan berbagai cara.

Contoh kecilnya adalah saat diberikan kenikmatan harta, maka kita segera bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan.

Jika kita diberi kesehatan, kita mensyukurinya dengan menjaga agar tubuh tetap sehat dan dari hal-hal yang merugikan badan.

Oleh karena itu, mari kita gunakan Ramadhan kali ini sebagai momen belajar sabar dan bersyukur."

2. Tema: Ramadan Penuh Berkah

Saudara muslimku yang berbahagia, sesungguhnya kita mendapatkan rahmat dan berkat yang luar biasa dari Allah SWT, yang mana hingga pada hari ini, kita masih diberi kesempatan untuk merasakan kenikmatan ibadah di bulan suci ramadhan.

Berpuasa menjadi ibadah yang wajib untuk kita lakukan. Tujuan menjalankan puasa ramadhan yaitu untuk mendapat derajat taqwa di sisi Allah. Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah ayat 18).

Dari ayat tersebut, kita dapat mengetahui bahwa kewajiban berpuasa telah ada bahkan sejak zaman dahulu. Bahkan, puasa sudah dikenal bahkan sejak zaman Mesir Kuno dan bahkan meluas sampai ke Yunani hingga Romawi. Allah pun mengabarkan kepada umat Rasulullah, bahwa puasa hukumnya wajib. Ketika tahu bahwa puasa hukumnya wajib, maka hal ini akan terasa ringan dilaksanakan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm