50 Contoh Soal Ujian Sekolah PKN Kelas 12 Lengkap dengan Jawaban

27 Maret 2023 15:37 WIB
Contoh soal ujian sekolah PKN kelas 12.
Contoh soal ujian sekolah PKN kelas 12. ( Freepik)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan kumpulan contoh soal ujian sekolah (US) mata pelajaran PKN untuk siswa kelas 12 SMA/SMK/MA atau sederajat.

Kumpulan contoh soal US PKN ini dapat para siswa coba kerjakan di rumah sebagai bahan untuk belajar.

Kerjakan dengan fokus dan penuh ketelitian. Sebaiknya, cobalah untuk mengerjakan dari soal yang dirasa paling mudah agar tidak terlalu membuang waktu.

Jika sudah selesai, mintalah bantuan teman atau orang tua untuk mengoreksi jawaban. Berikut ini contoh soal Ujian Sekolah PPKN atau PKN (Pendidikan Kewarganegaraan) kelas 12 dan jawabannya, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 50 Contoh Soal Ujian Sekolah Sejarah Indonesia Kelas 12 dan Jawabannya

Contoh Soal Ujian Sekolah PKN Kelas 12

Soal 1

Jelaskan pengertian perlindungan hukum!

Jawaban: segala upaya pemerintah untuk menjamin adanya kepastian hukum dan memberi perlindungan agar hak-hak warganya tidak dilanggar, dan bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Soal 2

Jelaskan pengertian penegakan hukum!

Jawaban: salah satu upaya untuk menjadikan hukum sebagai pedoman dalam setiap perilaku masyarakat maupun aparat atau lembaga penegak hukum.

Soal 3

Sebutkan 3 ciri hak warga negara!

Jawaban: melekat pada diri manusia dalam kedudukannya sebagai anggota dari sebuah negara, dibatasi dengan status kewarganegaraan, hak asasi merupakan hak semua warga negara.

Soal 4

Sebutkan 3 ciri hak asasi manusia!

Jawaban: Melekat pada diri setiap manusia sejak lahir, bersifat universal sehingga tidak terpengaruh dengan kewarganegaraan seseorang, tidak semua hak warga negara adalah hak asasi manusia.

Soal 5

Montesquieu merupakan salah satu tokoh yang menjadi penggerak teori kedaulatan rakyat. Ia memperlihatkan pandangan wacana pembagian kekuasaan atau yang dikenal dengan trias politica. Pembagian kekuasaan berdasarkan trias politica terdiri dari …

Jawaban: Legislatif, eksekutif, dan yudikatif

Soal 6

Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi keutuhan sebuah negara?

Jawaban:

Berbagai perpecahan politik, pemberontakan, terorisme dan upaya memisahkan diri dari NKRI telah menguras energi bangsa. Masyarakat telah belajar banyak dengan biaya yang sangat mahal, termasuk kehilangan nyawa bahwa tanpa persatuan dan kesatuan, negara bisa hancur dan masyarakat akan menderita.

Soal 7

Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek?

Jawaban:

Berdasarkan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa, maka pengembangan iptek ditujukan untuk kemaslahatan umat manusia, bukan untuk menyiksa dan mencelakakan manusia.

Berdasarkan UUD 1945, pengembangan iptek harus ditujukan untuk memajukan kesejahteraan umum dan meningkatkan kecerdasan bangsa.

Soal 8

Pancasila sebagai dasar negara selalu dipertahankan sampai sekarang, karena Pancasila hasil....

Jawaban: Kristalisasi dari sistem nilai atau budaya bangsa Inonesia

Soal 9

Pada hakikatnya nilai-nilai Pancasila merupakan unsur-unsur yang digali dari bangsa indonesia yang berupa nilai adat istiadat kebudayaan serta nilai religius dalam kehidupan sehari-hari bangsa indonesia, hal ini termasuk asal mula ...

Jawaban: Asal mula bahan (kausa matrialis)

Soal 10

Sikap menghormati dan menghargai pemeluk agama lain melakukan ibadah, merupakan bentuk pengamalan Pancasila, sila …

Jawaban: Ketuhanan Yang Maha Esa

Soal 11

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.