Era Andi Sudirman Sulaiman, 5 PSN di Sulsel Telah Diresmikan Presiden Jokowi

30 Maret 2023 16:00 WIB
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (kiri) mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Kereta Api Makassar-Parepare
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (kiri) mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Kereta Api Makassar-Parepare ( Dok Sekretariat Negara)

Makassar, Sonora.ID - Dalam dua tahun terakhir, sebanyak 5 proyek strategis nasional (PSN) yang ada di Sulawesi Selatan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lima PSN tersebut yakni Bandara Buntu Kunik Torara dan Kolam Regulasi Nipa Nipa Maros yang diresmikan pada 18 Maret 2021.

Selanjutnya pada 9 September 2021, Presiden Jokowi meresmikan Bendung Gilireng dan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo. Sementara tanggal 23 November 2021, giliran Bendungan Karalloe Gowa juga diresmikan Presiden.

Terbaru adalah Kereta Api Makassar-Parepare yang merupakan kereta api pertama di Sulawesi. Proyek itu diresmikan langsung Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Selatan selama dua hari, yakni Rabu dan Kamis (29-30/3/2023).

Kelima PSN tersebut diresmikan Presiden Jokowi di era kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman. Baik saat masih menjabat Pelaksana Tugas Guberbur hingga menjadi definitif sebagai Gubernur Sulawesi Selatan.

Andi Sudirman Sulaiman pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas perhatiannya terhadap infrastruktur di Sulawesi Selatan melalui keberadaan sejumlah PSN.

"Alhamdulillah, selama dua tahun lebih ini Bapak Presiden telah meresmikan 5 PSN di Sulsel. Kami merasa senang dan bersyukur atas perhatian bapak Presiden terhadap pembangunan di Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi Sebut Hadirnya Kereta Api di Sulawesi Akan Tingkatkan Daya Saing Nasional

Untuk diketahui, Presiden Jokowi meresmikan pengoperasian Kereta Api Pertama di Sulawesi. Presiden meresmikan Kereta Api Makassar-Parepare dan Depo Kereta Api Maros, Rabu 29 Maret. Kereta rel diesel listrik (KRDE) buatan dalam negeri dari PT INKA yang akan beroperasi melayani masyarakat dari Depo Maros ke Stasiun Ramang-Ramang. Proyek KA Makassar-Parepare merupakan bagian dari pembangunan KA Trans Sulawesi, dan menjadi salah satu proyek strategis nasional.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini saya resmikan pengoperasian jalur kereta api Makassar-Parepare Antar Maros-Barru dan Depo Kereta Api Maros,” sebut Presiden Jokowi saat meresmikan.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi kembali menekankan pentingnya pembangunan transportasi massal yang dapat menghubungkan antarprovinsi, kabupaten, dan kota di tanah air. Keterlambatan pembangunan transportasi massal yang terjadi di hampir semua kota besar, lanjut Presiden, memicu masyarakat untuk menggunakan transportasi pribadi yang berpotensi memicu kemacetan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm