30 Contoh Soal Moderasi Beragama dan Jawabannya, Sesuai Materi

3 April 2023 15:13 WIB
Contoh soal moderasi beragama.
Contoh soal moderasi beragama. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Melansir dari laman Kemenag Purbalingga, secara istilah kata moderasi merupakan sebuah sikap dan pandangan yang tidak berlebihan, tidak ekstrem, dan tidak radikal.

Sementara itu beragama bermakna menebar damai, menebar kasih sayang, kapanpun di manapun dan kepada siapapun. 

Beragama bukan untuk menyeragamkan keberagaman, tetapi untuk menyikapi keberagaman dengan penuh kearifan.

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa moderasi beragama merupakan cara pandang kita dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri.

Untuk memahaminya dengan lebih baik berikut ini kami sajikan kumpulan contoh soal moderasi beragama lengkap dengan pembahasan jawabannya yang juga menjadi salah satu materi tes CAT PPPK Kemenag dan IPMB bagi ASN, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 30 Contoh Soal Tes Wawancara Sensus Pertanian 2023 yang Sesuai Materi

Contoh Soal Moderasi Beragama

Soal 1

Ruang lingkup moderasi beragama antara lain …

Jawaban: Keadilan, keseimbangan dan toleransi

Soal 2

Menggambarkan watak Islam ialah moderat dalam hal bertindak, dan kesimbangan dalam segala urusan yang bagus tindakan, ucapan atau pikiran. Hal berikut merupakan pengertian dari …

Jawaban: Moderasi beragama

Soal 3

Kata moderasi berasal dari bahasa latin moderatio, yang berarti ke- sedang-an (tidak berlebihan dan tak kekurangan). Lantas, yang dimaksud dengan moderasi beragama, adalah sebagai berikut …

Jawaban: Mengedepankan keseimbangan dalam hal keyakinan

Soal 4

Moderasi beragama merupakan sesuatu yang kontradiktif dengan mengerti radikalisme beragama. Karena pemahaman yang tak menyeluruh tentang Islam dalam konteks radix atau asal tadi, menimbulkan pemahaman yang keliru tentang Islam. Pengertian dari radikalisme yang pas adalah …

Jawaban: Gejala umum yang dapat terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai bentuk penolakan terhadap gejala yang dihadapi.

Soal 5

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.