Sebabkan Jalan Rusak, Warga Klaten Mulai Keluhkan Truk Odol

3 April 2023 20:15 WIB
Ilustrasi Truk yang membawa muatan melebihi kapasitas (Truk ODOL)
Ilustrasi Truk yang membawa muatan melebihi kapasitas (Truk ODOL) ( Kompas.com)

Klaten, Sonora.ID - Melalui Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB), Warga Klaten, Jawa Tengah mulai keluhkan kondisi jalanan yang rusak akibat dilintasi oleh truk pengangkut air minum dalam kemasan AMDK dengan muatan yang berlebihan atau Over Dimensi Overload (ODOL).

Selaras dengan hal tersebut, Ahmad Safrudin selaku Direktur Eksekutif Lembaga Riset Lingkungan (KPPB) juga turut menyoroti dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup dari aktivitas truk ODOL pengangkut AMDK ini, misalnya seperti pengaruh di berbagai sarana publik hingga masalah emisi.

"Dengan meluasnya perusakan infrastruktur jalan sampai ke daerah-daerah, kami bersama tim terjun langsung ke lokasi dan melaporkan temuan kami Kementerian Perhubungan (Kemenhub) beberapa waktu lalu," kata Ahmad ketika siaran pers pada Minggu (02/04/2023).

Kemudian hingga saat ini, Ahmad juga Tengah menunggu terkait kajian ini. Selain itu, Ahmad berserta pihaknya juga menuturkan bahwa terdapat juga rencana Zero ODOL dimana seharusnya sudah dapat diterapkan mulai awal tahun ini.

Hal ini karena kerusakan infrastruktur jalan akibat aktivitas truk ODOL tersebut menyebar ke beberapa daerah dan cocok untuk dihentikan.

Baca Juga: Sikapi Keluhan Supir Truk, Bobby Nasution Minta Dishub dan Polres Kolaborasi Atasi Kemacetan dan Bajing Loncat

Menurut data dari kemenhub, kerugian negara yang disebabkan oleh adanya truk ODOL ini khususnya di bagian infrastruktur mengalami kerusakan salah satunya adalah infrastruktur jalan nasional, dengan kerugian mencapai Rp 43 triliun per tahun.

Di sisi lain, Ahmad bersama pihaknya juga turut mendesak Kemenhub dalam melindungi kepentingan pokok masyarakat seperti di jalanan di Kabupaten Klaten.

“Tidak boleh ditunda lagi, truk ODOL harus diberi sanksi hukum,” Tambah Ahmad.

Sebelumnya, ratusan masyarakat Klaten yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Gugat Aqua (AMGA), juga telah melakukan demo dan protes di depan pabrik perusahaan AMDK Aqua asing asal Prancis di Jalan Cokro-Delanggu, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm