Kolaborasi dengan Program Desa Cantik, BKKBN Kalsel Ingin Perkuat Basis Data Kependudukan

4 April 2023 11:00 WIB
Fasilitasi Penetapan Data Parameter Kependudukan Untuk Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Daerah Dalam Kerangka Satu Data Daerah
Fasilitasi Penetapan Data Parameter Kependudukan Untuk Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Daerah Dalam Kerangka Satu Data Daerah ( Smart Banjarmasin/Razie)

Banjarmasin, Sonora.IDBKKBN Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan penandatangan Nota Kesepahaman dengan BPS Kalsel terkait Kolaborasi Pelaksanaan Program Cinta Statistik (Cantik) dengan Program Rumah Data Kependudukan (Rumah DataKu).

Penandatanganan MoU berlangsung di sela-sela kegiatan Fasilitasi Penetapan Data Parameter Kependudukan Untuk Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Daerah Dalam Kerangka Satu Data Daerah di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin, pada Senin (03/04).

Kolaborasi kedua program ini bertujuan untuk semakin menguatkan optimalisasi penyediaan, penggunaan dan pemanfaatan data statistic, sehingga intervensi dan perencanaan pembangunan di desa/kelurahan semakin tepat sasaran.

“Kolaborasi Rumah DataKu dan Desa Cantik akan semakin kuat dengan dukungan program Smart Village dari Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Provinsi Kalsel,” ungkap Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Ramlan dalam sambutannya.

Baca Juga: Pemprov Sulut dan BKKBN Sulut Berkomitmen Tangani Kasus Stunting Melalui Kampung 

Menurut Ramlan, ketiga program ini saling berkaitan dan saling mendukung satu sama lain.

Program Rumah Dataku dapat menyediakan data-data lintas sektor yang akurat dan terpercaya untuk mendukung perencanaan pembangunan di desa, sementara Smart Village sebagai pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pelaksanaan berbagai sektor di desa.

“Sementara Desa Cantik untuk meningkatkan literasi dan peran aktif perangkat desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik desa,”

Dengan mengintegrasikan ketiga program ini, lanjut Ramlan, dapat diperkuat basis data kependudukan dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang statistik serta pengoptimalan penggunaan teknologi untuk membantu mempercepat pembangunan di desa.

“Intinya dapat mendukung percepatan pembangunan di desa,” ujarnya lagi.

PenulisFakhrurazi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm