Ma'ruf Amin Minta Menpora Yang Baru, Bebenah Olahraga dan Kepemudaan

4 April 2023 18:25 WIB
Foto: Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat membuka Munas XL Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia di Istana Wapres, Jum'at (03/03/2023)  Sumber: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Wakil Presiden (BPMI Setwapres)
Foto: Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat membuka Munas XL Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia di Istana Wapres, Jum'at (03/03/2023) Sumber: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Wakil Presiden (BPMI Setwapres) ( )

Sonora.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik politisi muda Partai Golkar, Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali pada Senin (03/04/2023)

Atas pelantikan itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap Dito menyusun langkah-langkah strategis di sisa masa jabatan kabinet, hingga 2024.

"Walaupun hanya tersisa satu setengah tahun, cukuplah untuk bisa melakukan langkah-langkah yang strategis, yang lebih baik,” ucap Wapres di Semarang, Jawa Tengah, Senin (03/04/2023)

Wapres meminta Dito buat gebrakan baru, tak hanya untuk membenahi olahraga tapi juga untuk kepemudaan di tanah air.

"Oleh karena itu, saya berharap dengan adanya Menpora baru dan memang dari generasi muda, tentu diharapkan gebrakannya lebih kelihatan, lebih kuat, [dan] lebih besar,” lanjutnya.

Baca Juga: Persiapan F1Powerboat 2023, Menpora Amali Tekankan Pentingnya Indonesia Jadi Tuan Rumah yang Baik

Terkait bidang kepemudaan, Wapres meminta Dito agar menata ulang dan mengoptimalkan fungsi dan peran berbagai organisasi pemuda.

"Banyak organisasi-organisasi pemuda yang masih terpecah-pecah. Dan juga pentingnya difungsikan [kembali] dan sebagainya [yang] kemarin memang belum optimal,” terangnya.

Dito Ariotedjo dilantik jadi Menpora menggantikan Zainudin Amali. Sebagaimana diketahui, Zainudin Amali mengundurkan diri sebagai Menpora setelah dirinya terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027.

Wapres meminta Dito untuk membenahi dan menuntaskan berbagai program peningkatan prestasi olahraga, terutama mengacu pada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang telah ditetapkan pemerintah.

Meskipun keolahragaan di Indonesia telah mulai tertata dengan baik dengan adanya DBON, menurutnya hal tersebut masih perlu didukung gebrakan yang lebih nyata.

Sebagai sosok muda, Wapres percaya Dito akan lebih bersemangat dalam meneruskan upaya peningkatan prestasi olahraga nasional yang telah digariskan dalam DBON.

Baca Juga: Persiapan F1Powerboat 2023, Menpora Amali Tekankan Pentingnya Indonesia Jadi Tuan Rumah yang Baik

“Biasanya yang muda itu lebih semangat, lebih memiliki gairah terutama untuk meneruskan apa yang sudah dirintis mengenai masalah pembinaan olahraga, menuntaskan apa yang sudah digariskan dalam DBON, serta membenahi kepemudaan yang kelihatannya memang masih perlu,” tandasnya.

Sejalan dengan hal itu, dalam keterangan persnya usai pelantikan, Dito menyampaikan bahwa dirinya akan segera menyiapkan pelaksanaan ajang-ajang olahraga internasional, seperti Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 di Jakarta dan World Beach Games di Bali.

"Ke depan kan ada tujuh event internasional, salah satunya Indonesia [menjadi] tuan rumah di bola basket dan World Beach Games. Pasti apa yang sudah dimulai tentunya otomatis akan kita teruskan dan juga maksimalkan pelaksanaannya," terang Dito.

Terakhir, Dito memastikan bahwa dirinya akan segera berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait World Beach Games di Bali agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar. Ia juga menyepakati apa yang ditekankan Presiden Jokowi bahwa olahraga dan politik tidak boleh dicampuradukkan.

"Ya dengan melihat pengalaman kemarin U-20 (penolakan) Israel, pasti per hari ini saya akan coba bicara ke seluruh stakeholder yang ada. Semoga kita bisa memastikan kelancaran jalannya dan juga menimbulkan titik temu," Imbuhnya.

Baca Juga: Konser BLACKPINK Terancam: Menpora Larang GBK Dipakai di Tahun 2023

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm