Teks Prosedur Kompleks: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

4 April 2023 21:56 WIB
Ilustrasi, pengertian, ciri ciri, struktur dan contoh dari teks prosedur kompleks.
Ilustrasi, pengertian, ciri ciri, struktur dan contoh dari teks prosedur kompleks. ( Freepik)

Sonora.ID – Dalam pelajaran bahasa Indonesia, kita mempelajari tentang teks prosedur kompleks. Berikut ini adalah pengertian, ciri ciri, struktur dan contoh dari teks prosedur kompleks.

Secara tidak sadar, kita sering menemunkan jenis teks prosedur kompleks, biasanya kita membacanya di sebuah buku resep atau tutorial membuat sesuatu.

Sebelum kita membahas tentang teks prosedur kompleks akan lebih baik jika kita tahu dahulu apa itu teks prosedur. Hal ini karena teks prosedur kompleks masuk ke dalam jenis teks prosedur yang dilihat dari tingkat kerumitannya.

Teks prosedur atau paragraf prosedur adalah jenis teks yang pada dasarnya untuk menyampaikan suatu cara, langkah dan tujuan untuk membuat sesuatu sesuai dengan urutan atau runtutan yang telah ditentukan sehingga dapat mencapai suatu tujuan maupun membuat sesuatu dengan baik dan benar.

Baca Juga: 4 Contoh Teks MC Bahasa Sunda Singkat, Lengkap untuk Berbagai Acara

Pengertian teks prosedur kompleks

Teks prosedur kompleks masuk ke dalam salah satu jenis teks prosedur berdasarkan tingkat kerumitannya. Di mana teks prosedur kompleks memiliki ciri kebahasaan yang khusus. Jika kalian kerap mencari solusi maupun tips cara melakukan sesuatu hal, maka informasi yang sedang kalian baca merupakan jenis teks prosedur.

Secara umum, teks prosedur kompleks adalah teks yang di dalamnya terdapat langkah-langkah tentang sesuatu hal yang berfokus terhadap bagaimana penyelesaian sesuatu secara lebih rinci. Agar para pembaca teks prosedur kompleks bisa lebih memahami apa yang dimaksud dari teks tersebut, maka dalam teks tersebut akan dibuat menjadi poin per poin atau langkah demi langkah secara runtut.

Dibandingkan pada teks prosedur umum, ternyata isi yang ada pada teks prosedur kompleks memiliki bentuk yang lebih kompleks dan juga lebih rumit. Dari segi penyampaian bahasa, teks prosedur kompleks juga dikemas dalam bentuk yang lebih eksposisi atau menjabarkan dengan lebih jelas.

Ciri-ciri teks prosedur kompleks

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm