Bobol ATM di Solo, Aksi Pemuda Karanganyar Berhasil Digagalkan Polisi

9 April 2023 10:37 WIB
Tim Sang Penjaga Surakarta berhasil gagalkan aksi pembobolan ATM BCA yang terletak di Jalan S Parman, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Jumat lalu (07/04/2023).
Tim Sang Penjaga Surakarta berhasil gagalkan aksi pembobolan ATM BCA yang terletak di Jalan S Parman, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Jumat lalu (07/04/2023). ( Tribunsolo.com)

Solo, Sonora.ID - Jelang lebaran, aksi percobaan pembobolan Mesin Anggaran Tunai Mandiri (ATM) kembali terjadi di kota Solo. Kejadian ini terjadi pada hari Jumat (07/04/2023) lalu di sebuah mesin ATM BCA yang terletak di Jalan S Parman, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Namun, aksi pembobolan ATM oleh seorang pelaku ini berhasil digagalkan oleh Tim Sang Penjaga Surakarta (Sparta) yang merupakan salah satu unit dari Polresta Surakarta.

Terkait adanya kejadian ini pun turut dikonfirmasi oleh Kasat Samapta Kompol Arfian Rizky Dwi Wibowo, Tim Sang Penjaga Surakarta atau Sparta ini ketika patroli mendapatkan laporan melalui Call center dari seorang warga atas adanya tindakan mencurigakan oleh seorang pemuda di salah satu mesin ATM dengan melakukan percobaan pembobolan di wilayah hukum kota Solo.

Dia juga menambahkan bahwa, laporan tersebut masuk pada hari Jumat (07/04/2023) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB melalui Call Center Tim Sparta Polresta Solo.

Menindaklanjuti adanya laporan dari warga tersebut kemudian, Tim Sparta Polresta Surakarta bergerak menuju lokasi dan menangkap seorang pemuda yang diduga sebagai pelaku pembobolan ATM.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Golden Hour' - Mark NCT, Hangul Romanization dan Artinya

Kemudian di TKP, pemuda yang diduga merupakan pelaku tersebut mengaku bahwa dirinya merupakan seorang warga asal Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dengan inisial ENR (24).

Kompol Arfian Riski Dwi Wibowo selaku Kasat Samapta Polresta Solo juga mengungkapkan bahwa dari tangan pelaku Tim Sparta Surakarta berhasil mengamankan barang bukti yang digunakan untuk melakukan aksi nya.

"Dari tangan pelaku tim Sparta berhasil mengamankan Barang bukti yang digunakan pelaku untuk melakukan percobaan pembobolan mesin ATM yakni berupa batu dan sebuah besi," ungkap Kompol Arfian Riski Dwi Wibowo.

Kemudian setelah dilakukan olah TKP, pelaku beserta barang bukti yang digunakan ini juga turut diamankan ke Mapolresta Solo untuk dilakukan pemeriksaan serta penyelidikan lebih lanjut oleh satuan reserse dan kriminal (Satreskrim) Polresta Solo.

Sementara itu, mesin ATM yang dibobol pelaku ini saat ini dalam proses perbaikan setelah ditemukan kerusakan pada bagian mesin.

Kemudian di lokasi yang berbeda, terkait Kejadian ini Kombes Pol Iwan Saktiadi selaku Kapolresta Surakarta juga turut menghimbau kepada seluruh masyarakat di kota Solo untuk melakukan pelaporan kepada pihaknya  jika ada hal yang mencurigakan baik di lingkungan maupun sekitarnya, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kejadian ataupun kejahatan serupa di wilayah hukum kota Solo.

"Apabila melihat kejadian serupa atau gangguan Kamtibmas lainnya agar segera menginformasikan atau melaporkan ke call center Tim Sparta Polresta Solo," jelas Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi di Mapolresta Solo.

Sekedar informasi, bagi masyarakat yang merasa mendapati gangguan Kamtibmas di sekitar lingkungan maupun wilayah hukum Kota Surakarta, dapat menghubungi call center Tim Sang Penjaga Surakarta (Sparta) melalui nomor berikut 0811-2957-110.

Masyarakat juga dapat melakukan pelaporan langsung ke Kapolresta Surakarta melalui WhatsApp 0821-6715-7000, dimana nantinya mereka akan langsung menindaklanjuti aduan tersebut.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm