Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

11 April 2023 10:25 WIB
Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia.
Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. ( )

Sonora.ID - Indonesia adalah salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara dan merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi strategis sebagai poros maritim dunia.

Poros maritim adalah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektivitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut, serta fokus pada keamanan maritim.

Berada di antara dua benua, Asia dan Australia. Berada di antara dua samudera, Pasifik dan Hindia.

Mudah diduga sejak zaman kuno, lokasi kepulauan Nusantara ini telah menjadi sebuah lokus persilangan alur lalu lintas laut yang menghubungkan benua timur dan barat.

Menariknya, berdasarkan analisis para pakar, ditaksir sekitar 90% perdagangan global diangkut melalui laut, di mana 40% di antaranya melewati perairan Indonesia.

Baca Juga: Ekonomi Maritim, Pengertian dan Contoh Kegiatannya

Ini berarti, posisi Indonesia sampai kapanpun juga akan selalu menjadi tempat strategis dalam peta perdagangan dunia. Karena itulah Indonesia berupaya menjadi poros maritim dunia.

Namun, untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia maka perlu adanya pembenahan.

Dimana, sistem pelabuhan di Indonesia harus di modernisasi sesuai dengan standar internasional sehingga pelayanan dan akses di seluruh pelabuhan harus mengikuti prosedur internasional.

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia terdapat lima pilar utama yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, antara lain :

1. Pembangunan kembali budaya maritim Indonesia

2. Komitmen menjaga dan mengelola sumber daya laut melalui pengembangan industri perikanan

3. Komitmen mendorong pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim dengan membangun tol laut, logistik, dan industri perkapalan serta pariwisata maritim

4. Mengajak semua mitra Indonesia untuk bekerjasama pada bidang kelautan
Pembangunan kekuataan pertahanan maritim untuk menjaga kedaulatan negara Indonesia

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.