Unversitas Negeri Jakarta (UNJ) Bertransformasi Menuju PTN-BH dan Kampus Berkelas Dunia

15 April 2023 13:36 WIB
perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH)
perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH) ( )

Sonora.ID -  Universitas Negeri Jakarta (UNJ) saat ini tengah bertransformasi menuju status perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH).

Berbagai upaya untuk memenuhi persyaratan PTN-BH terus dilakukan oleh jajaran civitas akademika UNJ.

Tidak berhenti pada status PTN-BH, UNJ juga bersiap untuk menjadi perguruan tinggi yang mandiri dan bereputasi dunia (World Class University).  

Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof. Dr. Komarudin, M.Si dalam acara Temu Media di Kampus UNJ Rawamangun Jakarta, Jumat (14/4/2023).

“Pintu pembuka kemandirian universitas adalah otonomi perguruan tinggi, salah satunya melalui status PTN-BH. Proses menuju PTN-BH memang masih panjang, tapi upaya yang kita lakukan sudah ‘on the track,” kata Rektor UNJ, Prof. Komarudin.

Baca Juga: 17 Jurusan Sepi Peminat di UNJ untuk Referensi SNBT 2023

Menuju PTN-BH, menurut Prof. Komarudin, berbagai persiapan terus dilakukan antara lain rencana pembentukan Majelis Wali Amanat (MWA), perubahan senat perguruan tinggi dan perhitungan hal-hal yang terkait administrasi seperti aset, pajak, kepegawaian dan lainnya.

“Banyak hal yang sedang kami urus, termasuk urusan akademik. Karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi perguruan tinggi dengan status PTN-BH,” ungkapnya.

Ditengah persiapan yang dilakukan, Prof. Komarudin memaparkan sederet prestasi yang diraih UNJ selama masa 4 tahun kepemimpinannya. Salahsatunya mendongkrak akreditasi UNJ yang sempat turun dari A menjadi B pada 2017 lalu.

“Pekerjaan rumah saya saat terpilih sebagai rektor pada 2019 lalu adalah menaikkan lagi akreditasi UNJ dari B menjadi A. Pembenahan dilakukan dengan menitikberatkan pada 5 program. Saat ini UNJ sedang dalam proses penilaian di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” tuturnya.

Prof. Komarudin kemudian menjelaskan untuk mewujudkan kemandirian universitas, setidaknya ada empat modal utama yang harus diperhatikan. Pertama, kesiapan modal identitas/penciri universitas. Kedua, modal manusia. Ketiga, sumber daya teknologi informasi. Terakhir, sumber daya organisasi.

"Selain itu, perubahan mindset dan mental untuk berubah juga sangatlah penting," ungkap dia.

Baca Juga: Laporkan Gibran Rakabuming dan Kaesang ke KPK, Dosen UJN: Tak Wajar Anak Muda Mudah Dapatkan Modal dengan Nilai Fantastis

Sepuluh (10) Prodi dengan Keketatan Tertinggi dan Prestasi UNJ
Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Komarudin juga mengungkapkan, sejak 2020 hingga 2023 program studi (prodi) di UNJ selalu masuk ke dalam daftar 10 prodi dengan keketatan tertinggi dalam SNMPTN maupun SNBP.

Prodi Ilmu Komunikasi yang baru dibuka pada tahun 2017 lalu, berada pada peringkat teratas.

"Dari tahun 2020 hingga 2023, beberapa prodi di UNJ selalu masuk 10 daftar program studi dengan keketatan tertinggi dalam SNMPTN maupun SNBP," ujar Komarudin

Prodi dengan keketatan tertinggi dipegang oleh prodi Ilmu Komunikasi. Selanjutnya ada prodi Manajemen, Ilmu Komputer, Pendidikan Vokasional Seni Kuliner, Teknik Mesin, Sastra Inggris, Sistem dan Teknologi Informasi, Bisnis Digital, Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran.

"Prodi kedua tertinggi itu Manajemen. kemudian Psikologi, lalu silih berganti ada Sastra Inggris, ada Akuntansi," jelas Prof. Komarudin.

Tidak hanya itu saja, dia menjelaskan, beberapa prodi di UNJ juga sudah meraih akreditasi internasional. Akreditasi itu diraih dari Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programmes (AQAS) maupun Accreditation in Engineering Computer Sciencies Natural Sciences Mathematics (ASIIN).

Kerja keras yang dilakukan civitas akademika UNJ berbuah manis. Pada 2021 lalu, UNJ berhasil meraih kembali akreditasi Unggul (setara dengan akreditasi A) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merujuk SK BAN-PT Nomor 45/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021.

“Hasil kerja keras, kolaborasi dan semangat untuk meraih akreditasi Unggul kembali meningkatkan marwah UNJ yang pada 16 Mei mendatang berusia 59 tahun,” ucap Prof. Komarudin.

Baca Juga: Laporkan Gibran Rakabuming dan Kaesang ke KPK, Dosen UJN: Tak Wajar Anak Muda Mudah Dapatkan Modal dengan Nilai Fantastis

UNJ kemudian memantapkan diri dengan berbagai raihan prestasi yang mendongkrak posisi pemeringkatannya di level nasional maupun internasional dalam kurun 4-7 tahun terakhir.

Disebutkan, antara lain, peringkat versi Webometrics pada 2018 dimana UNJ berada pada urutan 99 naik menjadi 39 pada 2023. Peringkat ke-39 dari 3.381 perguruan tinggi di Indonesia.

Begitu pun peringkat versi Scimago Ranking University. Posisi UNJ pada 2020 di peringkat 49 naik menjadi 32 pada 2023.

Untuk pemeringkatan subyek pendidikan, UNJ berada pada peringkat ke-6 PTN terbaik di Indonesia berdasarkan versi Scimago Institutions Rankings (SIR) 2022.

Pada 2020 lalu, berdasarkan peringkat Intelectual Property Rights (IPR) atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI), UNJ meraih peringkat ke 3 secara nasional. Pada tahun yang sama, pada pemeringkatan klasterisasi perguruan tinggi, UNJ masuk 20 besar dari 2.136 perguruan tinggi di Indonesia.

Prestasi lainnya diraih Pejabat Pengelola Informasi Publik atau PPID UNJ yang baru dibentuk pada 2020 lalu, berhasil meraih penghargaan dengan predikat ‘Menuju Informatif’ pada November 2021. Diperoleg skor rentang 80-89 dalam monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik oleh Komisi Informasi Pusat.

Ditambahkan, beberapa program studi di UNJ selalu masuk 10 daftar program studi dengan keketatan tertinggi dalam SNMPTN maupun SNBP, yaitu program studi Ilmu Komunikasi, Manajemen, Ilmu Komputer, Pendidikan Vokasional Seni Kuliner, Teknik Mesin, Sastra Inggris, Sistem dan teknologi Informasi, Bisnis Digital, Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran.

Beberapa prodi di UNJ juga meraih akreditasi internasional, baik dari Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programmes (AQAS) maupun Accreditation in Engineering Computer Sciencies Natural Sciences Mathematics (ASIIN).

Terkait pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU), UNJ dari 2019 sampai 2022 meraih prestasi penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kantor Akuntan Publik.

Baca Juga: Rektor UNJ: Status PTN Berbadan Hukum Semakin Memudahkan Pengelolaan Manajemen Kampus

Dari sisi kemahasiswaan, data pencapaian prestasi mahasiswa UNJ pada Desember 2022 sebanyak 1.593 prestasi, terdiri dari 62 prestasi tingkat internasional, 1.220 prestasi tingkat nasional, 89 prestasi tingkat provinsi/wilayah, dan 222 prestasi tingkat UNJ.

Keberpihakan UNJ terhadap education for all, selain menerima mahasiswa beasiswa bidik misi, UNJ juga memberi beasiswa bagi santri melalui program Beasiswa Afirmasi Santri yang dimulai sejak 2022.

“Beasiswa diberikan kepada santri dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dari pesantren Salafiyah yang direkomendasikan pimpinan pesantren,” kata Prof. Komarudin.

Ada 22 santri yang mendapat Beasiswa Afirmasi Santri berupa SPP dan asrama selama santri tersebut menyelesaikan studinya yang tersebar di FIS, FBS, FE, MIPA, FIP dan FT.

Prof. Komarudin menambahkan, untuk menjadi perguruan tinggi terbaik, tidak cukup dengan predikat unggul saja dan mandiri saja, tetapi juga perlu diikuti pencapaian pemeringkatan di dunia atau World Class University.
Selain itu, pentingnya penguatan insfrastuktur dan sistem teknologi informasi; penguatan peran alumni dan jejaring kerja sama, baik nasional maupun internasional; serta penguatan publikasi, sitasi, dan sumber informasi pada website universitas.

“Meski banyak prestasi yang diraih UNJ dalam 5 tahun terakhir, namun kita tak boleh larut dalam capaian tersebut. Kita perlu kerja keras lagu demi mewujudkan UNJ sebagai ‘World Class University’,”  tegas Prof. Komarudin

Baca Juga: Jelujur Massal Kain Sasirangan Ukir Sejarah Peradaban Bangsa Indonesia

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm