5 Contoh Teks Pidato Hari Kartini 2023 yang Sesuai dengan Tema

18 April 2023 18:15 WIB
Teks pidato Hari Kartini tahun 2023.
Teks pidato Hari Kartini tahun 2023. ( Freepik)

Sonora.ID - Raden Adjeng Kartini (R.A. Kartini) merupakan salah satu sosok pahlawan perempuan Indonesia yang berjuang mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan.

Kartini yang lahir pada 21 April tahun 1879 dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Nusantara dalam memperjuangkan hak-hak wanita agar supaya setara dengan hak pria terutama dalam bidang pendidikan.

Berkat perjuangan dan pemikirannya inilah emansipasi wanita kian meluas dan peran perempuan Indonesia semakin meningkat.

Oleh sebab itu, untuk memperingati dan menghormati perjuangan R.A. Kartini diciptakanlah Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April. Peringatan ini telah diperingati oleh masyarakat bangsa Indonesia sejak tahun 1964.

Untuk merayakan Hari Kartini di tahun 2023 ini pun beberapa instansi pemerintah daerah telah menetapkan tema seperti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul yang mengusung tema "Perempuan Berdaya Tingkatkan Martabat dan Kesejahteraan Bersama."

Peringatan Hari Kartini di tahun 2023 memang tidak ditetapkan secara nasional sehingga setiap instansi pemerintah dibebaskan untuk membuat tema peringatannya masing-masing.

Berikut ini pun kami sajikan beberapa contoh teks pidato sambutan Hari Kartini 2023 yang dapat Anda sesuaikan dengan tema yang telah disepakati bersama oleh masing-masing instansi.

Baca Juga: 10 Puisi Hari Kartini 21 April 2023, Penuh Perjuangan dan Menginspirasi

Contoh Teks Pidato Hari Kartini 2023

Contoh 1

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang saya hormati,

Bapak dan Ibu guru yang ada di sekolah,

dan teman-teman yang saya cintai.

Selamat pagi saya ucapkan kepada kalian semua yang hadir pada acara hari ini. Pertama-tama mari kita berdoa dan panjatkan puji syukur akan kehadiran Allah Swt., yang di mana atas berkah dan limpahan rahmat-Nya kita dapat bertemu pada kesempatan ini untuk memperingati hari lahirnya wanita hebat yang bernama Raden Adjeng Kartini.

Sungguh besar cita-citanya bagi Indonesia, penggalan lirik lagu buatan W.R. Soepratman tidaklah dibuat asal-asalan. Syair tersebut memiliki makna yang dalam untuk menggambarkan sosok putri Indonesia ini. Namanya Raden Adjeng Kartini, kita mengenalnya sebagai Ibu Kartini.

Lahir pada tanggal 21 April 1879, siapa sangka wanita ini akan menjadi ibu bagi kaum wanita yang ada di Indonesia. Rasa cintanya yang begitu dalam untuk bangsa ini khususnya bagi para wanita yang kasihnya dapat dirasakan sepanjang masa.

Kepeduliannya akan nasib wanita di Indonesia tidaklah main-main, banyak sekali hal-hal luar biasa yang diwariskan oleh Kartini kepada generasi penerusnya, satu di antaranya pemikiran-pemikiran merdekanya. Di mana pemikirannya semuanya berisi mengenai para kaum wanita, bagaimana kaum wanita seharusnya diperlakukan dan bagaimana status sosial yang baik bagi wanita.

Semuanya dipikirkan dengan sungguh-sungguh oleh Kartini tanpa terlewat sedikitpun. Cita-citanya sungguh mulia untuk kemajuan para wanita di Indonesia, yang pada waktu itu hak-hak kaum wanita masih kerap direndahkan bahkan juga sampai dilupakan.

Berangkat dari hal-hal itulah, Kartini menghabiskan hidupnya untuk menyuarakan hak-hak wanita agar menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang. Benar saja, buah dari hasil pemikiran-pemikiran Kartini dijadikan sebagai landasan bagi kaum wanita setelahnya untuk bersama-sama bersatu meraih tujuan yang sama, yaitu mewujudkan kesetaraan sosial bagi kaum wanita.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm