Penjelasan Lengkap Posisi Pemain Sepak Bola Beserta Tugasnya

18 April 2023 16:30 WIB
Posisi pemain sepak bola
Posisi pemain sepak bola ( libero.id)

Sonora.ID – Sepak bola adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Berikut ini adalah posisi pemain sepak bola dan tugasnya.

Dalam permainan sepak bola terdapat empat posisi atau lini yaitu, kiper, pertahanan, tengah, dan pemain depan atau penyerang.

Dalam empat posisi itu diperlukan kekuatan dan kekompakan pada setiap individu untuk membentuk tim yang kuat dan bermental pemenang.

Selain memahami aturan permainan, pengenalan akan peran dan posisi pemain sepakbola juga penting.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai posisi pemain sepak bola dan tugasnya.

Baca Juga: 7 Perbedaan Permainan Sepak Bola dan Futsal yang Tak Banyak Diketahui

Posisi pemain sepak bola

Kiper/Penjaga Gawang

Kiper adalah posisi pemain sepak bola yang bertempat di bawah mistar gawang dan bertugas menjaga agar gawang tidak disusupi bola oleh tim lawan.

Kiper boleh menggunakan seluruh tubuhnya untuk menjaga gawang selama berada di kotak penalti dan umumnya harus memiliki lemparan yang baik karena ia sering menerima tendangan yang keras dan tinggi untuk menghindari bola atas.

Di area ini hanya ada satu posisi, penjaga gawang dengan berbagai pekerjaan.

Kiper berfokus pada peran yang simpel dan meminimalisir resiko terhadap penggunaan bola, dengan kiper yang sederhananya mengawasi bola agar jauh dari gawang dan mengoper kepada pemain yang lainnya.

Disamping menjaga gawangnya agar tidak kemasukan bola, kiper juga bertugas untuk membangun serangan dari belakang, kiper akan mengalirkan bola ke pemain belakang, pemain tengah, dan pemain belakang.

Pertahanan

Posisi ini bertugas mempertahankan bola tetap di luar kotak penalti dan mencegah tim lawan melancarkan serangan, biasanya posisi ini bertempat di depan kiper, kiper biasanya bertugas mengomunikasikan pemain bertahan agar tidak kebobolan.

Pemain bertahan harus memiliki fisik yang kuat dan mempunyai agresivitas yang terkontrol.

Lima posisi yang ada dalam posisi pertahanan yaitu, sweeper, bek, bek sayap, gelandang bertahan, dan bertahan sayap.

Baca Juga: Macam-macam Gerak Dasar dalam Permainan Sepak Bola dan Penjelasannya

Sweeper

Sweeper ini adalah posisi bertahan yang sangat kritis dan bertanggung jawab besar terhadap pertahanan, tanggung jawabnya hampir sama dengan kiper dalam menjaga gawang, posisi ini hanya bisa dipakai jika tim lemah melawan tim yang jauh lebih kuat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm