Doa Untuk Orang Meninggal Sesuai Sunnah Lengkap dengan Tuntunannya

20 April 2023 13:00 WIB
Doa untuk orang meninggal sesuai sunnah.
Doa untuk orang meninggal sesuai sunnah. ( Freepik)

Sonora.ID - Sebagai bentuk rahmat dari Allah SWT, orang yang telah meninggal dunia ternyata masih bisa mendapatkan tambahan pahala dari ibadah-ibadah yang dilakukan oleh orang yang masih hidup yang menghadiahkan uniknya.

Di antara amal-amal yang dapat dihadiahkan pahalanya kepada orang yang sudah meninggal dunia salah satunya adalah doa bagi mayit.

Istimewanya bukan hanya orang yang didoakan saja yang akan mendapatkan pahala, namun orang yang mendoakan manusia yang telah meninggal atau mayit tersebut juga akan mendapatkan pahala yang sama besarnya dari Allah SWT.

Berikut ini pun beberapa bacaan doa untuk orang meninggal sesuai dengan tuntunan sunnah yang dapat kita panjatkan, dikutip dari laman Gramedia.

Baca Juga: Doa Perjalanan Jauh Naik Mobil Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa Untuk Orang Meninggal Sesuai Sunnah

  • Doa untuk jenazah laki-laki

“Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu, wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqi-hi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdilhu daaron khoirom min daarihi, wa ahlan khoirom min ahlihi, wa zawjan khoirom min zauji-hi, wa ad-khilkul jannata, wa a’idzhu min ‘adzabil qobri wa ‘adzabin naar.”

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah ganti rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah ganti keluarga (atau istri di surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan ia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka.” (HR. Muslim).

Selain itu, Anda juga bisa membacakan doa lain yang sering diucapkan setelah takbir yang keempat shalat jenazah, yaitu:

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm