7 Cara Melihat Gerhana Matahari dengan Aman, Tanpa Merusak Mata

20 April 2023 13:13 WIB
Cara untuk melihat gerhana matahari.
Cara untuk melihat gerhana matahari. ( )

Sonora.ID - Mengutip dari laman Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Peneliti Ahli Madya di Pusat Riset Antariksa BRIN, Johan Muhammad mengatakan bahwa pada hari Kamis tanggal 20 April 2023 Indonesia akan kembali dilewati oleh Gerhana Matahari Hibrida.

Gerhana Matahari Hibrida adalah gerhana Matahari yang tampak dari sebagian wilayah Bumi sebagai gerhana Matahari total, tetapi di sebagian wilayah lain tampak sebagai gerhana Matahari cincin.

"Gerhana Matahari total akan teramati khususnya di wilayah Indonesia bagian timur yang terbilang singkat kurang lebih 1 menit, sementara di daerah Indonesia lainnya akan teramati sebagai gerhana Matahari parsial. Gerhana Matahari ini akan teramati sebagai gerhana Matahari cincin di wilayah selatan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik," jelas Johan.

Johan kemudian menghimbau bagi masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena alam ini agar untuk tidak melihat Matahari secara langsung tanpa menggunakan filter khusus Matahari.

Lantas bagaimana cara aman untuk melihat gerhana matahari tanpa membahayakan atau merusak mata? Berikut ini informasi lengkapnya yang dikutip dari laman Kompas.

Baca Juga: Ciri-ciri Gerhana Matahari Hibrida, Lengkap dengan Proses Terjadinya 

Cara Aman Untuk Melihat Gerhana Matahari

Untuk melihat gerhana matahari diperlukan adanya alat pelindung khusus, seperti kacamata dengan standar khusus.

Hal ini karena sinar matahari dari fenomena alami ini dapat merusak retina dan menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen.

Di bawah ini pun beberapa cara untuk melihat gerhana matahari dengan aman yang dapat kamu terapkan.

  1. Ada baiknya untuk menggunakan kacamata gerhana matahari yang disetujui para ahli untuk melihat gerhana matahari dengan aman dan tanpa merusak mata. Standarnya adalah ISO 12312-2. Kacamata hitam biasa, bahkan yang sangat gelap atau filter buatan sendiri tidak aman untuk melihat matahari.
  2. Perhatikan baik-baik filter matahari atau kacamata gerhana sebelum menggunakannya. Jika Anda melihat ada goresan atau kerusakan dan jangan gunakan.
  3. Selalu baca dan ikuti semua petunjuk yang disertakan dengan filter matahari atau kacamata gerhana. 
  4. Sebelum melihat ke arah gerhana matahari, berdirilah dengan tenang dan tutupi mata Anda dengan kacamata gerhana atau solar viewer. Setelah menatap fenomena alam itu, berpaling dan lepaskan filter Anda. Jangan melepasnya saat melihat matahari.
  5. Satu-satunya waktu Anda dapat melihat matahari tanpa solar viewer adalah selama gerhana total. Saat bulan benar-benar menutupi wajah cerah matahari dan tiba-tiba menjadi gelap, Anda dapat melepas filter matahari. Segera setelah cahaya matahari mulai muncul gunakan kembali solar viewer.
  6. Jangan pernah melihat gerhana sebagian melalui kamera tanpa filter, teleskop, teropong, atau perangkat serupa lainnya. Ini penting bahkan jika Anda mengenakan kacamata gerhana atau solar viewer pada saat yang bersamaan. Sinar matahari yang kuat yang masuk melalui perangkat ini akan merusak filter matahari dan mata Anda.
  7. Cara yang paling aman untuk mencegah mata rusak saat menyaksikan gerhana matahari tanpa filter adalah dengan membelakangi matahari dan menonton proyeksinya. Perangkat seperti proyektor lubang jarum (pinhole projector) dapat membantumu menonton gerhana matahari secara tidak langsung.

Baca Juga: Tata Cara Shalat Gerhana Matahari Sendirian di Rumah dengan Niatnya

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm