Cegah Korban Jatuh, Tim JQR Pantau Objek Wisata Pantai dan Gunung di Jabar

26 April 2023 11:15 WIB
Tim JQR tengah memgedukasi warga yang berlibur di Pantai Pangandaran, Selasa (25/4) kemarin.
Tim JQR tengah memgedukasi warga yang berlibur di Pantai Pangandaran, Selasa (25/4) kemarin. ( Dok. Tim JQR)

Kab. Pangandaran, Sonora.ID - Tim Jabar Quick Response (JQR) melakukan pemantauan dan edukasi di lokasi objek wisata di wilayah Jawa Barat pada libur lebaran tahun 2023. 
 
Beberapa objek wisata pantai seperti Pantai Pangandaran seperti Batu Karas, Madasari, serta di Garut Selatan seperti Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, Pantai Rancabuaya, dan Pantai Plentong Indramayu. 
 
Muhammad Irvan Hilmy selaku Koordinator Operasional JQR mengatakan pemantauan keselamatan wisata yang dilakukan JQR berkolaborasi dengan Balawista Pangandaran, Polairud, potensi dan unsur SAR lainnya dengan tujuan menjaga keselamatan para wisatawan yang tengah berlibur.
 
"Intinya pemantauan ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk warga Jawa Barat yang sedang berlibur, agar kejadian yang tak diinginkan tidak terjadi dan meminimalisir kecelakaan khususnya di tempat objek wisata air, " kata Irvan di Pangandaran, Rabu (26/4/2023).
 
 
JQR juga memberikan bantuan logistik kepada para penjaga pantai yang bertugas. Selain itu, JQR melakukan pemantau di beberapa objek wisata lainnya seperti di Situ Bagendit Garut, serta pemantauan di beberapa gunung seperti gunung Guntur, Gunung Sagara, dan Gunung Cikuray, beberapa objek yang kerap dimanfaatkan warga saat libur lebaran untuk mendaki gunung. 
 
Irvan menambahkan pemantauan nantinya juga akan dilakukan lebih terstruktur dan melibatkan lagi potensi di daerah-daerah seluruh objek wisata di Jawa Barat. 
 
Sementara itu, salah satu petugas pantai yang tergabung dalam Balawista merupakan petugas pantai, Liano, menjelaskan selama H-1 lebaran sampai H+3 lebaran di objek wisata Pangandaran sejauh ini berhasil menekan angka kecelakaan yang fatal.
 
Hal itu kata Liano, para petugas pantai dari Balawista tak henti-hentinya bekerja mulai dari pagi sampai malam hari yang selalu mengingatkan para pengunjung wisata untuk mentaati rambu-rambu yang sudah dipasang oleh pihaknya. 
 
 
"Untuk sejauh ini tidak ada kecelakaan yang fatal, pada intinya juga kami petugas pantai dengan pelaku usaha berkolaborasi untuk saling mengingatkan para wisatawan untuk berhati-hati," ungkap Liano. 
 
Selain itu, kata Liano menambahkan, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di pesisir pantai.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm