12 Contoh Pidato Hardiknas Singkat 2 Mei 2023 yang Cocok Jadi Referensi

28 April 2023 12:00 WIB
ilustrasi, Contoh Pidato Hardiknas Singkat 2 Mei 2023
ilustrasi, Contoh Pidato Hardiknas Singkat 2 Mei 2023 ( Logo Hardiknas 2023 Kemdikbud)

Sonora.ID - Berikut ini akan diulas beberapa contoh pidato Hardiknas singkat pada 2 Mei 2023.

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Pada hari Selasa, 2 Mei 2023, peringatan Hardiknas juga dicanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar.

Adapun tema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 yaitu Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.

Dalam peringatan Hardiknas, biasanya akan diadakan upacara.

Dalam upacara, akan ada pihak yang menyampaikan pidato singkat.

Berikut beberapa contoh pidato Hardiknas singkat yang bisa dijadikan referensi.

Baca Juga: Daftar Hari Libur Nasional Bulan Mei 2023, Ada Tanggal Merah Lagi?

Pidato Hardiknas 2 Mei 2023 Singkat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati

Tepat pada hari ini tanggal 2 Mei kita semua memperingati hari pendidikan nasional, pada hari ini juga kita sebagai warga negara yang menginginkan pendidikan itu sendiri.

Semakin baik dan maju harus mulai diberlakukan dari diri kita sendiri. Tentu jika para pendahulu kita para pahlawan susah payah untuk belajar menimba ilmu di sekolah rakyat maka hari ini kita yang sudah hampir dipastikan tercukupi segala ketersediaan dalam belajar harus lebih baik dalam belajar dan mengajar di bidang pendidikan.

Bayangkan jika setiap Guru maupun siswa yang sudah mulai mengerti dunia teknologi dimanfaatkan dengan baik oleh setiap siswa dan masyarakat itu sendiri, maka akan
menciptakan orang-orang yang kreatif, cerdas dan berwawasan luas.

Hadirin yang saya cintai, Marilah di hari pendidikan nasional ini kita renungkan sejenak dan mengheningkan cipta untuk para pejuang dan Guru-guru kita yang sudah mendahului kita, betapa berharganya ilmu-ilmu yang mereka ajarkan pada kita sehingga yang awalnya tidak mengetahui apa-apa menjadi lebih tahu segalanya.

Untuk itu marilah kita jadikan hardiknas tahun ini sebagai awal yang baru untuk diri kita sendiri dalam belajar dan mengajar, agar tidak ada lagi kebodohan serta ketidaktahuan akan pendidikan.

Hadirin yang saya hormati, Cukup sekian pidato singkat hari pendidikan yang saya sampaikan, semoga dapat menjadi manfaat serta dapat menjadi motivasi kita semua dalam belajar dan mengajar, mohon maaf jika ada salah kata. Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

  • Pidato Hari Pendidikan Nasional 2

Assalamu’alaikum Warahmatutlahi Wabarakaatuh.

Saudara-saudara sebangsa setanah air, Indonesia yang tercinta, Pertama-tama marilah kita ungkapkan rasa syukur terhadap Allah Swt, atas rahmat serta hidayah-Nya.

Yang telah dicurahkan kepada kita semua, sehingga pagi yang cerah ini kita bisa berkumpul dalamm dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Mudah-mudahan dalam pertemuan kita pada saat ini senantiasa membawa kebaikan di dunia maupun di akhirat kelak.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang tercinta. Hari ini tepatnya tanggal 2 Mei tahun…. seluruh bangsa Indonesia memperingati hari Pendidikan Nasional.

Dalam memperingati hari bersejarah ini tentunya kita akan ingat tokoh pendidikan Nasional, yaitu bapak Ki Hajar Dewantoro.

Beliau merupakan pelopor pendidikan putra-putri bangsa Indonesia. Beliaulah yang merupakan pendobrak dari kebodohan bangsa Indonesia, karena dari zaman kebodohan menuju zaman kepandaian artinya : Katakanlah olehmu hai Muhammad ! Apakah sama antara orang-orang berilmu dengan orang-orang yang tidak berilmu .

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang berbahagia Ketahuilah, bahwasannya menuntut ilmu bagi seorang muslim merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan, dalam hal ini sebagaimana yang dijelaskan Nabi Saw. dalam sabdanya : Artinya : Tuntutlah ilmu sekalipun dinegeri Cina, karena sesungguhnya menuntut ilmu itu diwajibkan atas.

Tiap-tiap orang Islam dan bahwasanya Malaikat itu akan merendahkan sayapnya kepada orang yang menuntut ilmu karena sukanya kepada pekerjaan itu. Saudara-saudara sebangsa, setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Demikian pidato kami secara singkat dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional, yang jatuh pada tanggal 2 Mei tahun……. Mudah-mudahan pertemuan kita pada pagi hari ini senantiasa mendapat ridha Allah Swt. Bagi kami kurang lebihnya mohon maaf. Billahi taufiq wal hidayah.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

  • Pidato Hardiknas 3

Assalamualaikum Wr.Wb

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm