Serial Antologi Seni Video "Aku Chairil! " Mulai Tayang di Indonesiana.TV

29 April 2023 11:30 WIB
Serial Antologi Seni Video "Aku Chairil! " Mulai Tayang di Indonesiana.TV
Serial Antologi Seni Video "Aku Chairil! " Mulai Tayang di Indonesiana.TV ( Miles Films)

Sonora.ID – Program terbaru produksi Miles Films, Serial Antologi Seni Video ‘Aku, Chairil!’ mulai tayang di Indonesiana.TV yang dikelola Balai Media Kebudayaan pada Hari Puisi Nasional 2023. Serial Antologi Seni Video yang terdiri atas 7 episode ini diinisiasi oleh Mira Lesmana dan Riri Riza sebagai sebuah penghormatan kepada Chairil Anwar dan didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media (PMM), Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Produser Mira Lesmana dan Riri Riza mengkurasi sejumlah puisi Chairil Anwar yang kemudian dipilih dan direspons ulang bersama tujuh perupa seni kontemporer, tujuh aktor sebagai para pembaca puisi, dan seorang musisi muda.

Ahmad Mahendra, Direktur PMM Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek sangat mendukung inisiasi ide baik dari berbagai pelaku film termasuk Miles Films yang meluncurkan program produksi Serial Antologi Seni Video ‘Aku, Chairil!’ ini.

“Melalui program ini, kami berharap dapat memperkenalkan kembali karya-karya besar dari Chairil Anwar kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda, sehingga semakin menghargai kebudayaan dan kesenian Indonesia,” kata Ahmad Mahendra.

Ia memastikan Kemendikburistek akan terus mendukung program yang dapat memperkuat ekosistem kebudayaan, memperbanyak praktik baik dan kebermanfaatan yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat umum, generasi muda khususnya.

Baca Juga: Hermawan Kartajaya Webinar Series Bongkar 3 Tahap Implementasi Strategi Pasca Pandemi demi Memenangkan Persaingan Bisnis

"Dukungan dari berbagai pihak, termasuk kalangan seni, sastra dan budaya dan masyarakat umum, akan sangat berarti dalam mewujudkan tujuan tersebut”, lanjutnya.

Pernyataan tersebut senada dengan produser Mira Lesmana. Menurutnya, peluncuran Serial Antologi Seni Video ini penting untuk generasi muda mengingat dan mengenali kembali sosok Chairil Anwar, seperti apa karya-karyanya dan apakah masih ada relevansinya untuk kita baca dan kita nikmati hari ini.

“Chairil Anwar adalah seorang penyair Indonesia modern dari Angkatan ’45 yang karya-karyanya dikenal sebagai karya yang penuh dengan keberanian, pemberontakan, dan ia membawa perubahan dalam Bahasa Indonesia, " ungkap Mira

Kompilasi karya ini adalah sebuah interpretasi terhadap puisi-puisi Chairil Anwar dari tujuh seniman yang mengkolaborasikannya dengan pembacaan puisi oleh aktor-aktor kenamaan Indonesia. Semua video dibalut dengan musik hasil karya musisi muda ternama Baskara Putra yang juga dikenal dengan nama Hindia untuk karya-karya musiknya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm