Cegah Karhutla, Kodam II/Sriwijaya Akan Bentuk Posko

29 April 2023 11:45 WIB
Cegah Karhutla, Kodam II/Sriwijaya Akan Bentuk Posko
Cegah Karhutla, Kodam II/Sriwijaya Akan Bentuk Posko ( Kodam II Sriwijaya)

Palembang, Sonora.ID - Kodam II/Sriwijaya akan membentuk Pos Komando (Posko) Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Sumbagsel.

Pembentukan Posko Karhutla tersebut dalam rangka untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan Posko Karhutla yang dipimpin Waasops Kasdam II/Swj, Letkol Inf Ikhsanudin, Jum'at (28/04/2023) bertempat di Ruang Rapat Staf Operasi Makodam II/Swj Palembang.

Rapat dihadiri oleh Wakapendam II/Swj, Pabanda Sterdam II/Swj, dan Perwakilan Perwira dari Hubdam II/Swj, Kesdam II/Swj, Bekangdam II/Swj, Zidam II/Swj, Paldam II/Swj, dan Perwira Puskodalopsdam II/Swj.

Hadir juga melalui Vicon, antara lain Kasiop Kasrem 041/Gamas, dan para Pasiops Korem jajaran Kodam II/Swj.

Baca Juga: Lima Pejabat Kodam II/Sriwijaya Resmi Diserah Terimakan

Dalam Rakor tersebut, Waasops Kasdam II/Swj menyampaikan rencana pembentukan Posko Karhutla mulai dari Tingkat Kodam sampai dengan Tingkat Korem. "Untuk Posko Tingkat Kodam di tempatkan di Ruang Puskodalopsdam II/Swj", kata Waasops.

Sedangkan untuk jajaran Korem, agar membuat Protap Penanganan Karhutla di wilayah Korem masing-masing dengan Instansi Terkait lainnya, seperti Polri, Pemda, BPBD, Manggala Agni, dan Perusahaan-Perusahaan di wilayahnya serta Ormas lainnya yang ada di wilayah.

"Untuk itu, segera Siapkan dan Inventarisir Personel dan Materiil yang akan digunakan bila terjadi bencana Karhutla", jelas Waasops.

Dikutip dari kompas.id, Tiga daerah di Sumatera Selatan sudah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. Langkah ini diharapkan dapat mempermudah koordinasi antarlembaga untuk mengantisipasi kebakaran lahan di Sumsel secara lebih dini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Iriansyah, Rabu,(8/3/2023), di Palembang, mengatakan, saat ini sudah ada tiga daerah yang menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), yakni Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir, dan Ogan Komering Ulu Timur.

Dengan penetapan ini, ungkap Iriansyah, Sumsel pun sudah bisa menetapkan status siaga bencana kebakaran hutan. ”Dalam waktu dekat ini, status itu akan segera direalisasikan,” ujar Iriansyah. Menurutnya, penetapan status ini penting agar koordinasi antarwilayah dan instansi semakin cepat optimal. ”Dengan begitu, upaya antisipasi karhutla bisa diterapkan segera,” ujarnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm