Wajib Tahu! Ini 6 Tempat Pendidikan dan Pelatihan Bagi SDM KAI

2 Mei 2023 15:45 WIB
6 Tempat Pendidikan dan Pelatihan Bagi SDM KAI.
6 Tempat Pendidikan dan Pelatihan Bagi SDM KAI. ( Dok. KAI)

Bandung, Sonora.ID - Pengembangan SDM atau sumber daya manusia di KAI terus didorong untuk mencetak pekerja yang unggul, yaitu pekerja yang kompeten dan berkualitas sehingga setiap pekerja dapat memberi kontribusi optimal bagi peningkatan kinerja perusahaan.

Salah satu langkah KAI dalam pengembangan SDM adalah melalui program pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang disusun secara berjenjang dan berbasis kompetensi, yaitu mulai dari pengembangan kompetensi dasar hingga tahap pengembangan profesional.

“Pengembangan kompetensi SDM KAI melalui penyelenggaraan diklat dilakukan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) yang berada di bawah naungan Direktorat SDM dan Umum. Pusdiklat KAI menyelenggarakan program Diklat secara mandiri maupun bekerja sama dengan lembaga pendidikan formal dan informal yang berkualitas, baik di dalam negeri maupun luar negeri,” ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus dalam siaran pers yang diterima Sonora Bandung, Selasa (2/5/2023).

“Memanfaatkan perkembangan teknologi pada era digital ini, Pusdiklat KAI juga telah menerapkan kombinasi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring dengan metode pembelajaran synchronous dan asynchronous memanfaatkan media pembelajaran EDUKAI yang hadir sebagai suatu inovasi dalam sistem pembelajaran yang bersifat mobile learning. Pusdiklat KAI juga berkolaborasi antara EDUKAI dengan Udemy dan Linkedin Learning guna memperluas pengalaman belajar pekerja KAI,” sambung Joni.

Diketahui ada 6 (enam) Pusdiklat KAI yang tersebar di wilayah kerja KAI, berikut ulasannya.

Baca Juga: Daop 2 Bandung Perpanjang Operasi Kereta Tambahan Argo Parahyangan

1. Pusdiklat Ir. H. Djuanda Bandung

Beralamat di Jalan Laswi No. 23 Bandung, selain sebagai pusat dari Pusdiklat KAI, Pusdiklat Ir. H. Djuanda juga merupakan tempat penyelenggaraan kegiatan non railways training yaitu Pendidikan dan pelatihan di luar pelatihan teknikal perkeretaapian, contohnya pelatihan leadership, keselamatan, legal, dan lain-lain.

Ketersediaan laboratorium, sport center, wisma, aula, perpustakaan, tempat ibadah, ditambah dengan area yang sangat luas dan asri menjadikan Pusdiklat Ir. H. Djuanda tempat yang tepat dan nyaman untuk mengembangkan diri pekerja melalui Pendidikan dan pelatihan.

2. Signaling, Telecommunication and Electricity Training Center

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm