Komik La Galigo Antarkan Mahasiswa Unhas Raih Silver Medal di Teknofest 2023 Turki

4 Mei 2023 09:55 WIB
Mahasiswa dari Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meraih medali perak pada ajang tahunan dan prestisius The 8th Istanbul International Inventions Fair (ISIF) 2023
Mahasiswa dari Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meraih medali perak pada ajang tahunan dan prestisius The 8th Istanbul International Inventions Fair (ISIF) 2023 ( Dok Unhas)

Makassar, Sonora.ID - Sekelompok mahasiswa dari Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meraih medali perak pada ajang tahunan dan prestisius The 8th Istanbul International Inventions Fair (ISIF) 2023 yang berlangsung di Istanbul Ataturk Airport, Turki pada 27 April hingga 1 Mei. Para mahasiswa tersebut tergabung dalam Tim La Galigo yang terdiri dari Samintang (Akuntansi 2019), Firdaus (Manajemen 2018), Nurul Habaib Al Mukarramah (Ilmu Hukum 2019), dan Olivia L (Agrobisnis Perikanan 2019).

Samintang, selaku ketua tim menjelaskan, pada ajang bergengsi itu timnya mempersembahkan karya terbaik mereka yaitu komik La Galigo berjudul “Pelayaran ke Dusung”. Cerita tersebut diadaptasi dari beberapa episode dalam buku La Galigo menurut Naskah NBG (Nederlandsch Bijbelgenootschap) 188 Jilid 3.

" Kisah yang kami ambil dalam buku La Galigo sarat budaya maritim dan relevan dengan nilai trisipaka (Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge) yang menekankan pada sikap saling memanusiakan, menghargai, dan mengingatkan," ujar Samintang dalam keterangannya, Kamis (4/5/2023).

Menariknya, lanjut Samintang, komik La Galigo ini dilengkapi dengan aplikasi Augmented Reality (AR) Gammara. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store dan dilengkapi fitur AR yang dapat menampilkan bentuk tiga dimensi dari setiap karakter, pelafalan aksara lontara, dan e-comic.

Bahkan inovasi tersebut telah mendapatkan paten hak atas Kekayaan Intelektual (HKI) dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Selain meraih juara dua, Samintang dan rekannya mendapat kesempatan pitching ke investor global pada kegiatan Demo Day.

“Harapannya Unhas bisa menjalin kerja sama lintas sektoral dengan instansi yang ada di Turki yang berkaitan dengan penelitian, publikasi dan juga student exchange,” jelas Samintang.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Lepas 19 Spesies Kupu-kupu di Bantimurung

Pada kesempatan ini, Samintang juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Rektor Universitas Hasanuddin, termasuk sekretaris universitas, Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Universitas Hasanuddin, dan Bidang Kemahasiswaan Unhas dan fakultas.

“Kami mendapat dukungan penuh dari Unhas. Harapan kami ke depannya Unhas terus mendukung inovasi-inovasi teknologi dan mendukung mahasiswa agar lebih giat dan tekun untuk membuat inovasi yang dapat bersaing secara global,” harap Samintang.

Sebagai informasi, ISIF merupakan bagian dari kegiatan Technofest Turkiye, yaitu Festival dan Pameran Teknologi terbesar Eropa yang dihadiri langsung oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan.
Kompetisi dan pameran ini diikuti lebih dari 30 negara seperti Rusia, Qatar, China, Kroasia, Kanada, Azerbaijan, Irak, Iran, Jerman, Belgia, Libanon, Portugal, Romania dan lain sebagainya. Mereka yang berpartisipasi datang dari berbagai latar belakang, di antaranya investor, peneliti, konsultan, asosiasi dan universitas dari seluruh dunia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm