Lantik Bunda Literasi Kota Semarang, Kepala Perpusnas Harapkan Pembangunan Budaya Literasi Fokus dan Terarah

6 Mei 2023 08:09 WIB
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando ( Humas Perpusnas)

Semarang, Sonora.Id - Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando mengatakan bunda literasi berperan penting dalam membangun budaya literasi di daerah yang terarah dan terfokus.

Hal tersebut disampaikan dalam Talkshow Pembekalan Bunda Literasi “Peran Bunda Literasi Dalam Meningkatkan Inklusi Sosial Masyarakat” yang merupakan rangkaian festival literasi dalam rangka ulang tahun Kota Semarang ke-476.

“Pemimpin daerah maupun pendampingnya dikenal dekat dengan masyarakat sehingga sangat strategis bisa dikukuhkan sebagai Bunda Literasi,” ungkapnya di Graha Industri Kreatif (GIK) yang terletak di kawasan Kota Lama Semarang pada, Jumat (5/5/2023).
Sebagai salah satu bagian dari tempat bersejarah Kota Lama, GIK dibangun Pemerintah Kota Semarang untuk memfasilitasi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).

Lebih lanjut Kepala Perpusnas mengatakan, Bunda literasi harus menjadi role model yang bisa membagikan pengalaman untuk bisa dalam berbagai upaya meningkatkan budaya literasi di daerahnya.

Sesuai paradigma perpustakaan yang semakin berkembang yakni perpustakaan bergerak menjangkau masyarakat, Perpusnas juga menghadirkan IPusnas dan Bintang Pusnas untuk mempermudah akses masyarakat terhadap bahan bacaan. Bunda literasi juga bisa memanfaatkannya sebagai alat bantu dalam berbagai kegiatan mendorong masyarakat berliterasi.

“Kita siapkan fasilitas yang lengkap. Ibu- ibu bisa menjadi perpanjangan tangan melatih anak anak untuk mengakses aplikasi perpustakaan digital ini,” ungkapnya.
Kepala Perpusnas juga menegaskan Bunda Literasi juga berperan menanamkan persepsi positif terhadap masyarakatnya.

“Sering kali masyarakat di cap tidak suka atau malas membaca. Padahal masyarakat bukannya tidak mau membaca, hanya saja bahan bacaannya yang masih belum mencukupi,” imbuhnya.

Acara tersebut dilanjutkan dengan pengukuhan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu sebagai Bunda Literasi Kota Semarang oleh Kepala Perpusnas dalam gelaran Parade Semarak 476 di Taman Srigunting.

Walikota Semarang yang akrab disapa Mbak Ita tersebut berkomitmen untuk mendorong literasi di kotanya menjadi semakin maju dan minat bacanya meningkat. Menurutnya peran perempuan yang salah satunya yang paling vital adalah mendidik generasi yang berkualitas.

Dengan berbagai program yang akan dilakukan di Kota Semarang, dirinya ingin kegiatan-kegiatan di kota Semarang tidak hanya bersifat memorial, tetapi juga memiliki dampak terkhusus bagi UMKM di Kota Semarang. Terutama untuk memaksimalkan potensi-potensi yang ada di kota Semarang untuk kesejahteraan masyarakat.

“Ini tentunya adalah satu rangkaian setelah kemarin tanggal 2 Mei (Hari Ulang Tahun Kota Semarang) banyak kegiatan di Balaikota, kemudian rangkaian ini dilanjutkan di Kota Lama dengan ada acara sarungku gayaku. Dan ini adalah mensosialisasikan, di mana ini merupakan salah satu peran untuk melakukan pendampingan kepada UMKM, dengan harapannya semakin banyak variasi-variasi yang kita sosialisasikan, maka akan semakin banyak UMKM yang bisa berkreasi, bisa melakukan diversifikasi produk,” ujarnya.

Ita dalam kesempatan yang sama juga mengukuhkan Bunda Literasi Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Semarang. Melalui kegiatan ini diharapkan peran Bunda Literasi akan menjadi tokoh penggerak pembudayaan kegemaran membaca di daerahnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm