BKKBN Terus Perkuat Kampung Keluarga Berkualitas

6 Mei 2023 18:15 WIB
Webinar BKKBN soal Kampung KB
Webinar BKKBN soal Kampung KB ( Humas BKKBN)

Maluku,Sonora.Id - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus memperkuat eksistensi Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB). Penguatan Kampung KB dilakukan dalam bentuk pembinaan sebagai upaya peningkatan klasifikasi Kampung Keluarga Berkualitas melalui mekanisme penilaian di 34 provinsi.

Penguatan Kampung KB dilakukan secara bertahap, dimulai dari seleksi tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Seluruh rangkaian kegiatan Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas tahun 2023 dilaksanakan mulai bulan Februari lalu sampai dengan bulan Mei 2023. Kampung Keluarga Berkualitas terbaik tingkat nasional akan diumumkan pada Acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional XXX tahun 2023 pada 29 Juni mendatang.

Pada Kamis (04/05/2023) telah berlangsung tahap seleksi wawancara 10 besar Nominasi Kampung KB Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 secara daring. Tim penilai seleksi wawancara ini adalah Nofrijal, S.P.,M.A dari BKKBN, Yunia Tiara Sina dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Destriana Faried, SE, MMPD dari Kementerian Dalam Negeri.

Salah satu Kampung KB di Maluku Utara yaitu Kampung KB Fakatinyinga, Kelurahan Loto Kecamatan Ternate Barat Kota Ternate masuk dalam 10 besar Kampung KB terbaik tingkat nasional dari 30 provinsi yang telah mengirimkan pemenang tingkat provinsi. Di mana 9 posisi lain ditempati oleh Provinsi Bali, Banten, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Riau, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

Disebut sebut sebagai Kampung KB terbaik di tingkat Kabupaten/Kota bahkan di tingkat Provinsi Maluku Utara, Kampung KB Fakatinyinga ini telah melaksanakan berbagai program sebagai inovasi untuk memperluas cakupan penggarapan Program Bangga Kencana yang dapat diterima manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Kampung KB Fakatinyinga telah membentuk kelompok kegiatan yang akan menjadi wadah dalam pelaksanaan kegiatan Pembangunan Keluarga seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) serta Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Kelompok kegiatan tersebut juga aktif dalam menjalankan programnya.

Tak hanya itu, penurunan angka stunting di Kampung KB Fakatinyinga Kelurahan Loto yang signifikan dan capaian peserta KB yang bagus, baik itu dari sisa capaian peserta KB aktif maupun peserta KB baru membuat Kampung KB Fakatinyinga ini menjadi kampung KB terbaik.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara Renta Rego saat ditemui mendukung penuh Penguatan Kampung KB Fakatinyinga yang mewakili Provinsi Maluku Utara di tingkat nasional.

“Saya bangga dan mendukung penuh atas terpilihnya Kampung KB Fakatinyinga sebagai Kampung KB terbaik di tingkat Kabupaten/Kota bahkan di tingkat Provinsi Maluku Utara dan masuk nominasi 10 besar kampung KB tingkat Nasional ini. Saya berharap prestasi ini akan terus dipertahankan dan selalu membuat inovasi-inovasi terbaik untuk mendukung Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting,” kata Renta.

Kampung KB Jimpitan.

Sementara itu pada 2022 Kampung KB Kelurahan Kuta Jaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang berhasil menjadi Juara Satu Lomba Kampung Berkualitas Tingkat Nasional pada acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022, di Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (6/7/2023).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm