Hormon: Jenis dan Fungsinya, Lengkap dengan Penjelasannya!

9 Mei 2023 18:00 WIB
Ilustrasi Hormon: Jenis dan Fungsinya
Ilustrasi Hormon: Jenis dan Fungsinya ( Freepik.com)

Sonora.ID - Di dalam tubuh manusia terdapat berbagai organ dan sistem, sehingga penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan organ, agar sistem di dalam tubuh manusia bisa tetap bekerja dengan baik.

Tak hanya itu, di dalam tubuh manusia juga terdapat hormon yang memengaruhi sistem kerja organ-organ tubuh tersebut.

Hormon

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, hormon adalah zat yang dibentuk oleh bagian tubuh tertentu dalam jumlah kecil dan dibawa ke jaringan tubuh lainnya serta mempunyai pengaruh khas, misalnya merangsang dan menggiatkan kerja alat tubuh.

Hormon adalah bahan kimia yang dibuat oleh sel-sel khusus, yang biasanya di dalam kelenjar endokrin, dan dilepaskan ke dalam aliran darah untuk mengirim pesan ke bagian tubuh lain. Ini juga sering disebut sebagai 'pembawa pesan kimia'.

Baca Juga: 5 Fungsi Hormon Asam Absisat pada Tumbuhan: Penghambat Pembelahan Sel

Jenis hormon dan fungsinya

  1. Adrenalin, hormon yang dilepaskan ke dalam tubuh seseorang ketika merasakan emosi ekstrem, yang menyebabkan orang tersebut memiliki lebih banyak energi.
  2. ACTH (Adrenocorticotropic Hormone), diproduksi di kelenjar pituitari, di mana produksinya merangsang produksi dan pelepasan kortisol dari kelenjar adrenal.
  3. Angiotensin, memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan dan pengaturan tekanan darah, khususnya.
  4. Kalsitonin, dilepaskan oleh sel-C di kelenjar tiroid. Ini berlawanan dengan aksi hormon paratiroid, yang membantu mengatur kadar kalsium dan fosfat darah.
  5. Kortisol, "hormon stres" karena hubungannya dengan respons stres, meskipun kortisol lebih dari sekadar hormon yang dilepaskan selama stres.
  6. Dihidrotestosteron, berperan dalam masa pubertas dan membantu pria mengembangkan karakteristik pria dewasa mereka.
  7. Estradiol, pria dan wanita memiliki estradiol, dan memiliki peran di kedua tubuh mereka, wanita memiliki tingkat hormon ini jauh lebih tinggi daripada pria.
  8. Estrogen, bertanggung jawab untuk fitur fisik dan reproduksi wanita. Pria juga memiliki estrogen, tetapi dalam jumlah yang lebih kecil.
  9. Glukagon, merangsang konversi glikogen yang disimpan menjadi glukosa di hati.
  10. Hormon Pertumbuhan, membantu anak-anak tumbuh lebih tinggi (juga disebut pertumbuhan linier), meningkatkan massa otot, dan mengurangi lemak tubuh.
  11. Insulin, memungkinkan sel-sel di otot, lemak dan hati untuk menyerap glukosa yang ada di dalam darah. 
  12. Leptin, menghambat rasa lapar dan mengatur keseimbangan energi, sehingga tubuh tidak memicu respons rasa lapar saat tidak membutuhkan energi.
  13. Melatonin, penting untuk memberi tanda relaksasi dan menurunkan suhu tubuh untuk membantu tidur nyenyak.
  14. Oksitosin, bertanggung jawab untuk menandakan kontraksi rahim selama persalinan. Setelah bayi lahir, oksitosin juga berfungsi meningkatkan laktasi dengan memindahkan ASI ke payudara.
  15. Peptida, YY mengomunikasikan ke otak Anda bahwa Anda sudah kenyang dan nafsu makan Anda akan berkurang. Jumlah PPY yang dikeluarkan tergantung pada jenis dan jumlah makanan yang dimakan.
  16. Progesteron, memicu lapisan menebal untuk menerima telur yang dibuahi. Ini juga melarang kontraksi otot di rahim yang akan menyebabkan tubuh menolak sel telur.
  17. Relaksin, diyakini dapat mengendurkan dinding rahim dan mempersiapkannya untuk kehamilan.
  18. Testosteron, membantu membawa perubahan fisik yang mengubah anak laki-laki menjadi laki-laki dewasa. Wanita juga memiliki testosteron tetapi dalam jumlah yang jauh lebih kecil daripada pria.
  19. Tiroksin, memainkan peran penting dalam fungsi jantung dan pencernaan, metabolisme, perkembangan otak, kesehatan tulang, dan kontrol otot.

Berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Fungsi Hormon Progesteron, Kadar Normal, dan Cara Untuk Meningkatkannya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm