Ma'ruf Amin Minta Tiongkok Tambah Kuota Ekspor Sarang Burung Walet

9 Mei 2023 19:46 WIB
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin saat menerima kunjungan Secretary of The CPC Fujian Provincial Committee, Zhou Zuyi, di Istana Wakil Presiden, Selasa (09/05/2023).
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin saat menerima kunjungan Secretary of The CPC Fujian Provincial Committee, Zhou Zuyi, di Istana Wakil Presiden, Selasa (09/05/2023). ( BPMI Setwapres)

Sonora.ID - Indonesia telah melakukan ekspor sarang burung walet ke berbagai negara, salah satunya Tiongkok.

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut hal itu diperlukan langkah-langkah untuk meningkatkan ekspor tersebut secara maksimal. 

Untuk itu Ma’ruf Amin meminta pihak Tiongkok untuk dapat membuka akses pasar bagi ekspor produk Indonesia, salah satunya sarang burung walet, melalui penanggulangan hambatan-hambatan yang terjadi di lapangan.

“Saya harapkan dukungan Bapak, adanya langkah konkret untuk dapat mengatasi hambatan-hambatan agar ekspor produk sarang burung walet Indonesia ke Tiongkok dapat meningkat,” tutur Wapres saat menerima kunjungan Secretary of The CPC Fujian Provincial Committee, Zhou Zuyi, di Istana Wakil Presiden, Selasa (09/05/2023).

Lebih lanjut ia menyampaikan, dengan meningkatnya ekspor tersebut maka akan berkontribusi dalam menambah nilai perdagangan bilateral antar kedua negara, yang pada saat ini telah menunjukkan tren positif.

Baca Juga: Komitmen Gubernur Kalbar, Puluhan Desa di Sintang Siap Dialiri Listrik

“Nilai perdagangan Indonesia-RRT terus menunjukkan perkembangan positif. Tahun lalu, nilai perdagangan bilateral mencapai USD 133.64 miliar. Sebuah rekor baru,” papar Wapres.

Di sisi lain, hal senada pernah juga disampaikan Wapres saat mengunjungi UMKM Sarang Burung Walet di PT. Husein Alam Indah, Jl. Raya Desa Golokan, Kecamatan Sidayu, Gresik, Jawa Timur, Jumat (30/09/2022) lalu, pada kesempatan tersebut, Wapres menyampaikan bahwa industri sarang burung walet memiliki potensi ekspor yang besar.

Untuk itu, Wapres juga meminta kepada para pelaku industri agar menginventarisasi masalah-masalah hambatan ekspor yang ada secara detail, agar ke depannya ekspor sarang burung walet dapat berjalan dengan baik.

“Kita akan mencoba mencari jalan bagaimana agar bisa menembus (pasar Tiongkok). Dahulu bisa, tetapi belakangan tidak bisa (lagi),” tegas Wapres. 

“Yang penting pemerintah punya kemajuan dalam pengelolaannya dan kendala-kendala akan kita carikan jalan keluarnya,” tambahnya.

Sementara, pada pertemuan hari ini, Wapres mengungkapkan keterbukaan Indonesia untuk menjalin kerja sama dengan negara sahabat, termasuk Tiongkok, untuk berinvestasi dan bermitra di Indonesia.

“Indonesia terbuka luas bagi semua negara sahabat yang ingin menginvestasikan usahanya di Indonesia. Dengan menyediakan berbagai fasilitas kemudahan yang ditawarkan, salah satunya melalui payung hukum yaitu Undang-Undang Cipta Kerja yang ramah bagi investor,” pungkasnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm