Kolaborasi dengan BPPMDDTT Banjarmasin, DPMD Kukar Berikan Pelatihan Pengelolaan Bumdes Angkatan XI

18 Mei 2023 13:25 WIB
Pengalungan simbolis kartu peserta pelatihan pengelolaan Bumdes
Pengalungan simbolis kartu peserta pelatihan pengelolaan Bumdes ( )

Tenggarong, Sonora.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Tematik Penyusunan Perencanaan Bisnis Angakat XI, Selasa (9/5/2023).

Pelatihan yang diselenggarakan selama satu hari di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Melayu Kecamatan Tenggarong ini, berkolaborasi dengan Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Banjarmasin, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Pelatihan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas PMD Kukar, Arianto dan dihadiri oleh puluhan peserta perwakilan dari Bumdes 10 Desa.

Baca Juga: Dinas Perkim Serah Terima 40 Unit Rumah untuk Warga Desa Muara Pedohon, Bupati Kukar Prioritaskan Warga Terdampak Longsor

Dalam pemaparannya, Arianto mengatakan Bumdes adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. maka kondisi itu akan mendorong setiap pemerintah Desa memberikan motivasi dalam merespon pendirian badan usaha milik desa.

“Sebagai salah satu lembaga ekonomi yang beroperasi di pedesaan, badan usaha milik desa harus memiliki pembedaan dengan lembaga ekonomi pada umumnya” katanya.

Ini dimaksudkan agar keberadaan dan kinerja Bumdes mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan warga desa. Di samping itu supaya tidak berkembang sistem monopoli usaha ekonomi di pedesaan yang dapat mengakibatkan terganggunya nilai-nilai kehidupan bermasyarakat.

Tujuan utama pendirian badan usaha milik desa adalah meningkatkan perekonomian Desa, meningkatkan pendapatan asli Desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pedesaan.

“Dan pada hari ini (kemarin, red) mendapat pembekalan pelatihan pengembangan bagi pengurus badan usaha milik desa yang diharapkan mampu menjalankan dengan sebaik-baiknya serta dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat desa untuk mencukupi kebutuhan” jelasnya.

Baca Juga: Sosialisasikan BUMDes, Sekda Landak Harap Dapat Tingkatkan Pendapatan Asli Desa

Kepada Balai Pelatihan Masyarakat Banjarmasin, tak lupa Arianto menyampaikan ucapan terima kasih atas diselenggarakannya pelatihan Bumdes di Kutai Kartanegara yang untuk kesekian kalinya ini.

“Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada narasumber dan pelatih, diharapkan dalam penyampaiannya dapat melakukan komunikasi dua arah antara narasumber atau pelatih dengan peserta sehingga pelatihan Bumdes ini dapat dilaksanakan dengan aktif” harapnya.

“Dan kepada para peserta saya mohon perhatian dan ketekunannya dalam melaksanakan kegiatan pelatihan ini semoga ilmu yang saudara dapatkan dapat mewujudkan peningkatan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan di desa saudara masing-masing” pungkas Arianto.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm