Mulai Hari Ini PT KAI Terapan Face Recognition di Stasiun Cirebon

19 Mei 2023 14:20 WIB
Mulai Hari Ini PT KAI Terapan Face Recognition di Stasiun Cirebon
Mulai Hari Ini PT KAI Terapan Face Recognition di Stasiun Cirebon ( PT KAI)

Cirebon, Sonora.ID - PT Kereta Api Indonesia melakukan peningkatan pelayanan dengan menerapan teknologi Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Cirebon mulai hari ini, Jumat (19/5/2023).

Vice Presiden KAI Daop 3 Cirebon Dicky Eka Priandana menyampaikan hadirnya Face Recognition Boarding Gate bertujuan untuk mempermudah pelanggan KA Jarak Jauh.

"Jadi yang ingin naik kereta api tanpa perlu repot-repot menunjukan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, ataupun dokumen vaksinasi," ungkapnya.

Dicky menjelaskan, Face Recognition Boarding Gate adalah fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket.

"Untuk menikmati fasilitas ini, pelanggan harus melakukan satu kali registrasi di awal yang berlaku untuk selamanya. Registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP Reader kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader," jelasnya.

Baca Juga: Stasiun Gambir Hadirkan Face Recognition Boarding Gate, Pemeriksaan Tiket Cukup Melalui Pindai Wajah

Jika sudah melakukan registrasi, tambah Dicky, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass dan langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate lalu arahkan wajah ke mesin pemindai. Jika data tiket sesuai identitas maka gate akan otomatis terbuka.

"Namun bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP atau e-KTP nya dalam keadaan rusak, tidak perlu khawatir karena KAI masih menyediakan layanan boarding manual di Stasiun Cirebon," ujarnya.

Pihaknya memastikan, pelanggan tidak perlu khawatir terkait keamanan data, karena KAI telah memiliki manajemen keamanan informasi yang baik dan secara rutin terus meningkatkan keamanan data yang dikelola oleh perusahaan.

“Penerapan Face Recognition Boarding Gate diharapkan semakin mempermudah karena proses boarding lebih cepat dan praktis sehingga pelanggan menjadi lebih nyaman dalam menikmati perjalanan menggunakan kereta api,” tandasnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm