Pemko Medan Gelar Pembinaan Mental, Disiplin dan Etos Kerja Kepala Lingkungan se-Kota Medan Tahun 2023

24 Mei 2023 10:52 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam acara Pembinaan Mental, Disiplin dan Etos Kerja Kepala Lingkungan (Kepling) se-Kota Medan Tahun 2023 di Gedung Medan International Convention Centre Jalan Ringroad Medan, Selasa (23/5).
Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam acara Pembinaan Mental, Disiplin dan Etos Kerja Kepala Lingkungan (Kepling) se-Kota Medan Tahun 2023 di Gedung Medan International Convention Centre Jalan Ringroad Medan, Selasa (23/5). ( )
Medan, Sonora.ID - Pemerintah Kota Medan menggelar Pembinaan Mental, Disiplin dan Etos Kerja Kepala Lingkungan (Kepling) se-Kota Medan Tahun 2023 di Gedung Medan International Convention Centre Jalan Ringroad Medan, Selasa (23/5).

Selaku orang nomor satu di Pemko Medan, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan 3 pesan penting ketika menghadiri acara itu.

 
Selain senantiasa menjaga keamanan dan kerukunan, kepling selaku ujung tombak Pemko Medan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat juga harus mendukung pemberantasan narkoba serta mensukseskan lima program prioritas.

Dihadapan 2001 kepling, menantu Presiden Joko Widodo ini mengatakan, keamanan dan kerukunan sangat penting diwujudkan guna mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045, dimana saat itu Indonesia menjadi salah satu kekuatan terbesar di dunia.

“Itu dapat tercapai jika kita dapat menjaga keamanan dan kerukunan. Hal itu harus dimulai dari skala paling mikro (terkecil)  yakni lingkungan. Ini sudah dibuktikan saat kita menangani pandemi Covid-19, dimana penanganan mikro yang dilakukan dari tingkat lingkungan ternyata lebih efektif,” kata Bobby Nasution, didampingi Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman.

Terkait itu, Bobby Nasution minta kepada seluruh kepling yang hadir agar tidak sepele dengan masalah kecil di lingkungannya masing-masing.

 
Apalagi Medan merupakan kota multikultural yang warganya terdiri dari berbagai etnis dan agama. 
 
 
“Untuk itu saya minta, masalah sekecil apa pun yang menyangkut etnis dan agama harus secepatnya disikapi dan dituntaskan,” pesannya mengingatkan.

Selain itu kepling juga harus mendata seluruh warganya. Dengan data yang dimiliki dapat diketahui kemungkinan potensi-potensi konflik yang akan terjadi. 

 
“Selanjutnya potensi-potensi konflik yang kemungkinan terjadi ini segera sampaikan kepada petugas Babinsa dan Babhinkamtibmas guna dilakukan solusi bersama mengatasinya,” ungkapnya sembari menngingatkan kepling untuk menyikapi penyalahgunaan narkoba di lingkungannya masing-masing. 
 
Berdasarkan data, Sumut di tahun 2022 merupakan peringkat pertama penyalahgunaan narkoba di Indonesia.
 
Dari data itu Kota Medan ternyata paling tinggi penyalahgunaan narkoba di Sumut.

“Jadi mari kita bersama-sama mengatasi penyalahgunaan narkoba ini. Apalagi kepling pasti mengetahui siapa di lingkungannya yang menjadi pemakai, pengedar, bandar serta yang mendeking narkoba tersebut.  Dengan semangat kolaborasi, narkoba harus bisa kita hilangkan,” ujarnya optimis.

Sedangkan pesan terakhir, Bobby Nasution minta kepada seluruh kepling agar mengetahui lima program prioritas yang kini menjadi fokus utama ditangani Pemko Medan.

 
Tidak hanya mengetahui namun juga mendukung kelima program prioritas tersebut yakni penanganan kesehatan, kebersihan, perbaikan infrastruktur, penanganan banjir serta pembenahan kawasan heritage dengan pemberdayaan UMKM.

Acara ini turut dihadiri pimpinan perangkat daerah serta camat dan lurah sekota Medan tersebut, tiga narasumber dihadirkan yakni Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda dan Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzawwad.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm