Perpusnas Gelar Kegiatan Literasi di Sumba

25 Mei 2023 14:22 WIB
Kegiatan Literasi Perpustakaan
Kegiatan Literasi Perpustakaan ( Humas Perpusnas)

Sumba Timur, Sonora.Id - Sejarah peradaban manusia mencatat bangsa yang maju tidak mengandalkan sumber daya alam melainkan masyarakat yang literat. Dewasa ini, literasi tidak hanya tentang baca-tulis, namun justru terlibat dalam setiap aspek kehidupan manusia. Literasi terkait erat dan kuat hubungannya dengan akal budi dan pemantapan mental.

Bupati Sumba Timur Khristofel Praing mengatakan pandangan literasi dikaitkan dengan kemantapan baca-tulis dapat dimaklumi karena buku adalah unsur vital literasi sejak dulu. Buku merupakan sumber pengetahuan luar biasa dalam dinamika kehidupan intelektual.

“Sulit bayangkan literasi berjalan maksimal tanpa melibatkan buku dalam kehidupan manusia. Buku adalah media transmisi informasi efektif dari dulu hingga sekarang,” jelas Khrishtofel ketika membuka Safari Literasi Duta Baca Indonesia di Waingapu, Kamis, (25/5).

Literasi bukan hanya soal bebas buta aksara tapi bagaimana masyarakat memiliki kecakapan hidup agar mampu bersaing dan bersanding dengan bangsa lain untuk menciptakan kesejahteraan dunia.
Bangsa dengan budaya literasi tinggi ditunjukkan oleh kemampuannya dalam berkolaborasi, berpikir kritis, komunikatif, dan kreatif sehingga mampu memenangi persaingan global, tambah Bupati.

Kolaborasi dan kerja sama menjadi kata kunci untuk menjawab upaya mendorong literasi di masyarakat. Peran aktif pemerintah daerah amat diharapkan mengingat budaya literasi adalah hal yang esensial dan potensial bagi pertumbuhan pembangunan di daerah.

“Namun, masih banyak daerah belum paham betul peranan perpustakaan dan budaya baca sehingga keberpihakan tentang literasi di daerah belum nampak,” beber Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar.

Adin menegaskan, tidak ada satu negara di dunia yang memiliki produktifitas yang kuat dan kesejahteraan tinggi tanpa perilaku gemar membaca yang kuat. Contoh, negara Finlandia yang tidak banyak memiliki sumber daya alam dan resources yang kuat tapi hidupnya sejahtera karena masyarakatnya pembelajar.

“Mereka punya perilaku kuat untuk membaca. Ada transfer knowledge sehingga orang menjadi produktif, kreatif dan bisa meningkatkan kesejahteraan,” tambah Adin.
Sementara itu, Bunda Literasi Kabupaten

Sumba Timur Periode 2023-2024 Merliaty Simanjuntak yang dikukuhkan pada kesempatan yang sama mengatakan budaya masyarakat Sumba Timur adalah bertutur atau bercerita.

Masyarakat Sumba Timur budayanya bercerita atau bertutur. Di Sumba Timur ini tidak ada aksara. Literasi di Sumba Timur ada pada cerita pada motif kain yang ditenun oleh masyarakat. Ini yang perlu dideskripsikan agar masyarakat luar mengerti budaya Sumba Timur,” terangnya.

Melalui perannya sebagai penggerak PPK dan Bunda Literasi, Merliaty juga akan memotivasi masyarakat melalui pendekatan dasawisma atau kelompok terkecil di masyarakat (RT).
Kami dorong mereka untuk membuka sudut baca sehingga anak-anak bisa mendapatkan cerita dan pengetahuan disana. Dengan begitu anak-anak akan berkreativitas lewat informasi dari buku dan cerita,” imbuhnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm